Kamu pasti pernah mendengar cerita Nabi Musa A.S. yang hidup pada zaman Raja Firaun yang kejam. Pada kenyataannya, cerita itu memang benar adanya. Para peneliti pun kemudian banyak yang mencari tahu siapa raja Firaun yang memerintah kala itu. Perlu kamu tahu, nama Firaun adalah gelar yang diberikan kepada para raja-raja Mesir Kuno dan bukan nama sebenarnya. Di belakang nama Firaun, masih terdapat nama asli dari sang penguasa, salah satunya adalah Raja Firaun Tutankhamun.

Wajah Firaun direkonstruksi, hasilnya dijamin bikin cewek terpesona

Tutankhamun diangkat sebagai raja pada usia yang terbilang sangat muda, yakni sembilan tahun. Ia memerintah dari tahun 1333 SM 1323 SM pada masa Dinasti XVII atau yang dikenal dengan masa Kerajaan Amarna. Tutankhamun menjadi penguasa Mesir termuda sekaligus tercepat dalam masa pemerintahannya.

Selama sepuluh tahun memerintah, raja muda ini telah membangun banyak sekali kuil baru yang dipergunakan untuk menyembah dewa-dewa Mesir Purba, terutama Raja Amun-Ra. Namun, disebabkan ia lahir dari hubungan incest, maka banyak sekali penyakit yang ia derita semenjak lahir. Tubuhnya pun lemah dan bahkan mungkin ia berjalan dengan bantuan tongkat karena kakinya yang tidak sempurna.

Wajah Firaun direkonstruksi, hasilnya dijamin bikin cewek terpesona

Dalam kajian genetik DNA yang dilakukan oleh para saintis Jerman dan Mesir dan dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association pada tanggal 18 Februari 2010, dilaporkan sang raja meninggal karena terserang penyakit malaria jenis tropika yang dibawa oleh nyamuk. Kemudian, beredar pula wajah asli dari Raja Tutankhamun yang dipublikasikan pertama kali oleh kantor berita Associated Press (AP) dan Agence France-Presse (AFP).

Banyak yang percaya bahwa prakiraan wajah tersebut sama dengan wajah dari Raja Firaun Tutankhamun yang sebenarnya. Kalau memang benar, ternyata sang raja memiliki wajah yang tampan juga, ya.