×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selain bagus bagi pencernaan, ini 4 manfaat lain kacang hijau

0

N/A

Selain bagus bagi pencernaan, ini 4 manfaat lain kacang hijau

Foto: PDPics dari Pixabay

Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian yang kaya dengan kandungan nutrisi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Haikal Luthfi

05 / 05 / 2020 10:47

Mungkin kamu sering menjumpai kacang hijau dalam bentuk aneka makanan olahan seperti bubur, isian bakpia, puding, maupun onde-onde. Kacang hijau merupakan jenis biji-bijian yang kaya dengan kandungan nutrisi. Kandungan gizi yang terdapat pada kacang hijau seperti kalsium, zat besi, kalium, fosfor, folat, vitamin B, vitamin A, vitamin C, magnesium, karbohidrat, dan beragam nutrisi lainnya.

Selain itu kalori kacang hijau juga sangat rendah namun kaya dengan kandungan serat. Kandungan serat dalam kacang hijau adalah 26,1 gram per 100 gram bahan yang bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah hingga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

Apalagi di saat sedang menjalankan ibadah puasa, pencernaan yang sehat memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Apabila pencernaan lancar, tubuh pun akan mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Bubur Kacang Hijau

Lantas apa saja sih manfaat lain dari kacang hijau bagi kesehatan? Dirangkum dari laman haibunda.com, berikut 4 manfaat kacang hijau.

Loading...

1. Membantu meningkatkan sistem pencernaan.

Manfaat utama kacang hijau yakni kaya akan serat tinggi yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan serat membantu mengurangi rasa nyeri di perut yang memungkinkan kamu susah sembelit. 

Kacang hijau juga memiliki efek antimikroba. Ekstrak fenolik pada kacang hijau mampu menghambat pertumbuhan Helicobacter Pylori, yang merupakan bakteri penyebab maag.

2. Membantu mengendalikan kadar gula darah dan diabetes.

Kandungan serat dari kacang hijau selain baik untuk pencernaan, ternyata juga berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Sehingga sangat baik untuk mengatasi dan mengobati diabetes. Suatu studi mengungkapkan bahwa asupan makanan yang memiliki indeks glikemik yang rendah (low GI) dapat membantu untuk mengatur kadar gula dalam darah.

3. Membantu mencegah penyakit jantung.

LDL (Low Density Lipoprotein) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sangat berbahaya bagi tubuh. Kacang hijau dapat menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut. Hal ini dikarenakan kacang hijau mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan mengurangi pembengkakan. Sehingga mengonsumsi kacang hijau secara rutin merupakan cara terbaik mencegah risiko terkena penyakit jantung.

4. Membantu mencegah kanker.

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa senyawa dalam kacang hijau seperti lektin dan saponin, telah terbukti memiliki sifat antikanker. Zat aktif ini sangat berguna dalam menghambat pertumbuhan kanker.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red