×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Selain Ayam Taliwang, ini makanan khas NTB yang harus kamu coba

0

Jalan-Jalan

Selain Ayam Taliwang, ini makanan khas NTB yang harus kamu coba

Kuliner khas Provinsi NTB gak cuma Ayam Taliwang, Sate Rembiga dan Plecing Kangkung, tapi ada juga Sepat yang wajib kamu coba.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Heavy Nala Estriani

30 / 10 / 2018 22:12

Saat kamu berkunjung ke Lombok, tentu tidak lepas untuk menikmati wisata kuliner yang sudah dikenal seperti Ayam Taliwang, Plecing Kangkung atau Sate Rembiga, yang selama ini menjadi kuliner andalan pulau seribu masjid tersebut. Namun, siapa sangka, ada satu makanan khas Provinsi Nusa Tenggara Barat lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan ketika kamu berkunjung ke Lombok atau Sumbawa.

Selain Ayam Taliwang, ini makanan khas NTB yang harus kamu coba

Sumber: Instagram @Jelajahsumbawa

Ya, namanya Sepat, makanan khas asal Pulau Sumbawa ini dikenal karena memiliki cita rasa unik yang berbeda dari makanan khas Lombok, yang umumnya didominasi oleh cita rasa pedas dan cenderung berminyak. Sepat sebaliknya, makanan berkuah yang terdiri dari berbagai macam sayur dan ikan ini, tidak mengandung lemak dan minyak, sehingga sangat cocok disantap ketika badan terasa kurang sehat, atau bagi kamu yang memiliki persoalan denga kolesterol.  

Sepat biasanya disajikan dengan ikan yang dibakar untuk kemudian dicelupkan ke dalam kuah sayur sepat. Kuah sepat sendiri terdiri dari blimbing wuluh, mangga muda, terong, cabai rawit, daun bawang dan bawang merah. Sedangkan untuk bahan ikan, bisa menggunakan jenis ikan tawar maupun ikan laut.

Loading...

Selain Ayam Taliwang, ini makanan khas NTB yang harus kamu coba

Sumber: Dokumen Pribadi

Cita rasanya sendiri unik, dengan rasa segar bercampur asam yang berasal dari irisan mangga muda, blimbing wuluh dan bawang merah di dalamnya. Meskipun asam, namun rasa ini dapat diseimbangkan dengan bahan lain seperti terong dan ikan segar. Sehingga kuliner ini cocok untuk disantap oleh berbagai kalangan usia.

Selain Ayam Taliwang, ini makanan khas NTB yang harus kamu coba

Sumber: Instagram @Jelajahsumbawa

Cara membuatnya sendiri cukup mudah. Semua bahan tersebut dibakar, kecuali mangga muda dan blimbing wuluh. Setelah dibakar, blimbing wuluh, mangga muda, daun bawang dan bawang merah diiris tipi. Sedangkan terong bisa diiris sesuai selera. Semua bahan ini kemudian digerus kasar kecuali terong yang disajikan secara utuh.

Setelah semuanya siap, aneka bahan ini kemudian dimasukkan dalam sebuah mangkok dan disiram dengan air hangat. Kemudian, ikan yang sudah dibakar bisa dimasukkan secara utuh atau dipotong menjadi bagian kecil ke dalam kuah sepat.

Disajikan dengan nasi hangat, ikan kuah sepat ini sangat cocok disantap pada jam makan siang. Jika kamu berkunjung ke Lombok atau Sumbawa, menemukan makanan ini tidaklah sulit karena banyak rumah makan yang mulai memasukan Sepat dalam daftar menunya. Sekarang, mulailah masukkan Sepat, dalam daftar kuliner tambahan, yang harus kamu cicipi ketika berkunjung ke NTB.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red