Jika dilihat dari zaman dulu hingga sekarang, teknologi sudah mengalami perkembangan secara pesat dari waktu ke waktu. Teknologi juga sangat diperlukan untuk membantu kegiatan manusia menjadi lebih efisien. Maka dari itu, ada baiknya bagi kita untuk mengetahui sejarah mengenai perkembangan teknologi yang semakin hari semakin canggih.

Menurut Wikipedia, perkembangan teknologi sendiri ternyata sudah terjadi sejak abad ke-20 silam. Dimulai pada saat meledaknya Perang Dunia II dan terus berkembang hingga saat ini. Perkembangan teknologi di dunia tentu memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia dalam menjalankan segala aktivitas menjadi lebih cepat dan efektif. Terbukti bahwa teknologi memiliki peran yang sangat besar dalam aspek kehidupan di dunia ini.

Teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan, atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Sekarang ini kehidupan manusia tidak lepas dari kemajuan teknologi mengingat zaman sudah berkembang pesat. Keberadaan teknologi telah memengaruhi masyarakat dan lingkungan di sekitarnya seiring dengan perkembangan zaman. Di mana dengan teknologi mampu membantu dalam berbagai hal seperti memperbaiki ekonomi.

Istilah teknologi pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada abad ke-17. Di mana waktu itu dipakai untuk diskusi dalam bidang seni yaitu seni terapan. Tapi lambat laun, seni hanya menjadi objek pertunjukan saja. Pada abad ke-20, istilah tersebut berkembang pesat dan mencakup berbagai cara proses dan ide selain mengenai perkakas dan mesin.

Pada abad pertengahan, teknologi didefinisikan dengan frasa seperti cara untuk aktivitas yang digunakan manusia untuk mengubah atau memanipulasi lingkungan. Namun, definisi luas seperti itu telah dikritik oleh pengamat yang menunjukkan semakin sulitnya membedakan antara penyelidikan ilmiah dan aktivitas teknologi. Karena pada abad ke-20, teknologi didefinisikan secara luas yaitu cara atau kegiatan yang memungkinkan manusia mengubah lingkungan hidupnya. Dengan definisi itu maka teknologi telah mencakup apa saja yang mungkin dilakukan manusia untuk memperbaiki hidupnya.

Awalnya makna teknologi terbatas hanya pada benda benda berwujud seperti peralatan peralatan atau mesin. Sejak teknologi muncul pertama kalinya terus berkembang pesat hingga sekarang. Saat ini kebanyakan manusia sangat bergantung pada teknologi, bahkan teknologi bisa menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Mulai dari orang tua hingga anak-anak yang menggunakan teknologi dari aspek kehidupannya.

Semakin berkembangnya teknologi, menjadikan teknologi bukan lagi hanya untuk membantu kehidupan manusia. Akan tetapi perlahan mulai menggeser dan menggantikan kehidupan manusia, seperti penggantian tenaga kerja dengan mesin. Selama peradaban manusia masih ada teknologi akan terus berkembang. Untuk itu agar tidak kalah dengan teknologi, sebagai manusia yang hidup di era teknologi maju harus bisa mengendalikan teknologi yang sudah ada.

Maka dari dapat disimpulkan bahwa teknologi merupakan suatu hal yang aplikatif, maka perkembangan teknologi sangat memengaruhi perubahan aktivitas ekonomi, sosial, politik, dan budaya dari kehidupan manusia, sehingga sejarah teknologi dapat pula direkontruksi. Sejarah teknologi membahas perkembangan teknologi secara umum. Sains dan teknologi adalah suatu hal yang sangat luas. Untuk detail yang lebih akurat dari sejarah dan perkembangan dari suatu bidang sains atau teknologi, lebih tepat jika sejarah dari suatu bidang sains atau teknologi ditinjau satu per satu.