×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

0

Life

Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

Ada sisi positif dan negatif yang terus beriringan dalam dunia internet.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Viriya Huang

18 / 11 / 2018 15:12

Zaman yang semakin maju tidak lepas dari adanya internet, komunikasi menjadi sangat mudah tanpa peduli berapa jauh jarak yang ada. Internet telah berpengaruh besar dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak hal yang membuat kita sangat bergantung pada internet, mulai dari kehidupan bersekolah, bersosialisasi serta berbisnis. Tapi tahukah kamu internet juga telah mulai mengubah pola hidup kita? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Internet membuat kita menjadi pelupa dan malas berpikir.

Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

Seringkah kamu mendengar istilah "google aja", tentu hal itu sudah tidak asing lagi. Ketergantungan manusia pada internet membuat kita jarang memnggunakan kapasitas otak secara rutin, hal ini menyebabkan kemampuan berpikir dan mengingat kita pun menurut, sering saat kita lupa akan sesuatu maka kita akan langsung menceknya diinternet tanpa berpikir terlebih dahulu. 

 

Loading...

2. Internet membuat kita lebih terkoneksi ke setiap orang dan di saat yang sama kita semakin menyendiri.

Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

Dengan maraknya sosial media seperti facebook dan twitter, kita dapat berkenalan dengan berbagai orang dari berbagai daerah maupun internasional. Hal ini membuat kita memiliki teman semakin banyak, tapi sadarkah kamu bila kita menjadi lebih cenderung berada di dunia maya tanpa memiliki teman secara real? Hal ini pun kadang bisa membuat seseorang menjadi anti sosial dalam kehidupan asli dan hanya memiliki teman melalui dunia maya. 

 

3. Internet membangkitkan kegelapan dalam dirimu.

Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

Dalam dunia maya, tidak ada yang mengenal akan dirimu sesungguhnya, sehingga kadang kamu bakalan dapat berbuat sesukamu, kamu dapat bebas berkreasi dan menjadi sesuatu yang bukan dirimu dalam kehidupan sehari-hari, hal ini kadang bisa kita lihat dengan berbagai bahasa sinis dan prilaku kata-kata kasar serta menghakimi dari para warga netizen yang terbuka sisi gelapnya melalui internet.

 

4. Internet dapat membuat kita semakin pintar atau malah semakin bodoh.

Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

Internet memiliki berbagai jenis konten yang kamu inginkan, mulai dari musik, film, kartun, animasi dan sebagainya, serta juga berisi berbagai info ilmu pengetahuan gratis yang dapat kita pelajari. Tentunya hal ini menjadi hal positif bagi kita, terlepas dari itu bisa saja kita menjadi semakin bodoh apabila kita menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak baik, seperti menghakimi orang lain, menyebarkan berita palsu ataupun mengakses film tidak pantas sepanjang hari. 

 

5. Internet membuat kita lebih menyuarakan hal-hal yang kita inginkan.

Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

Dalam sosial media, sering kali kita melihat teman kita yang curhat atau melampiaskan kekesalan terhadap seseorang. Hal ini dapat berdampak negatif dalam kehidupan sehari-hari. Andaikan sebuah rumah tangga terjadi percekcokan dan terjadi saling tebar aib di dunia sosial yang akhirnya membawa pengaruh ke dunia nyata, di mana hal yang kecil menjadi dibesar-besarkan, tentu hal ini akan merugikan dirimu sendiri.

 

6. Internet membuat kita menjadi lebih sensitif.

Secara tak langsung, begini 6 cara internet mengubah pola hidup

Terkadang apabila ada temanmu yang melampiaskan kekesalan kepada orang lain, hal ini dapat berefek kepadamu. Tanpa sadar kamu akan terpikir, apakah dia sedang membicarakanmu? Hal ini kadang dapat berujung retaknya persahabatan yang tidak diinginkan. 

Sebagai manusia yang berakal dan sosial, ada baiknya kita belajar lebih menahan diri dalam menggunakan internet, sehingga tidak terbawa arus yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red