×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Plus minus 4 jenis obat nyamuk yang diklaim paling aman

0

Kesehatan

Plus minus 4 jenis obat nyamuk yang diklaim paling aman

Obat nyamuk memang banyak jenisnya, walau begitu tiap jenis tetap menyimpan bahaya. Lalu, jenis obat nyamuk mana yang diklaim paling aman?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

02 / 12 / 2019 14:59

Obat nyamuk memang banyak jenisnya, mulai dari semprot, bakar, elektrik, dan oles. Penggunaan obat nyamuk juga masih banyak digemari masyarakat sebab harga yang dibanderol untuk obat nyamuk tergolong murah. Namun mau apa pun jenisnya, obat nyamuk tetap menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Lalu, apakah harus berhenti menggunakannya? Jika tidak, lalu jenis obat nyamuk apa yang paling aman? Berikut rangkumannya.

1. Obat nyamuk bakar.

Plus minus 4 jenis obat nyamuk yang diklaim paling aman

Gambar: TheHealthSite.com

Loading...

Obat nyamuk bakar mengalami evolusi yang dulu bentuk spiral dengan tekstur agar keras namun gampang patah dan mengeluarkan banyak asap. Kini ada obat nyamuk dalam bentuk kertas. Penggunaannya sama-sama dibakar, namun obat nyamuk kertas menghasilkan asap lebih sedikit dibanding obat nyamuk jenis lama.

Yang membuat obat nyamuk jenis ini dianggap berbahaya yaitu asapnya. Asap dari obat nyamuk bakar ternyata memiliki efek yang sama dengan asap rokok terhadap perokok pasif dan mengandung banyak zat polutan di dalamnya. Studi terbaru juga mengemukakan, penggunaan jangka panjang obat nyamuk bakar dapat menyebabkan asma, gangguan pernapasan, kerusakan hati, dan bahkan menyebabkan kanker. Jadi jika menggunakan obat nyamuk bakar baiknya agak jauh agar tidak terlalu banyak asap yang terhirup. Selain itu perhatikan juga ventilasi pada ruangan yang digunakan.

2. Obat nyamuk semprot.

Plus minus 4 jenis obat nyamuk yang diklaim paling aman

Gambar: figurnews.com

Hampir sama dengan obat nyamuk bakar, obat nyamuk semprot juga tidak baik untuk paru-paru. Selain mengandung pyretherum yang bahaya jika terkenal kulit dan jika terhirup, kandungan lain dari obat nyamuk semprot adalah cypermethrin.

Mengutip dari The National Library of Medicine's Toxicology Data Network melaporkan bahwa paparan cypermethrin yang berlebihan dapat menyebabkan sesak napas, batuk, dan "bengek" hingga serangan asma dan mengi.

Cara amannya jika kalian memang lebih suka dan cocok pakai jenis ini, pakailah masker saat menyemprot lalu tunggu beberapa saat agar ruangan tadi bisa kembali netral.

3. Obat nyamuk elektrik.

Plus minus 4 jenis obat nyamuk yang diklaim paling aman

Gambar: Mommies Daily

Obat nyamuk jenis ini tidak mengeluarkan asap, namun mengeluarkan bau yang khas bahkan cenderung wangi. Namun walau begitu aromanya berasal dari suatu cairan dan kelasa, zat kimia yang tidak aman untuk dihirup. Zat kimia tersebut bisa menyebabkan gangguan pernapasan, serta mengiritasi mata pada bayi. Namun jika cocok menggunakan jenis ini baiknya biarkan ruangan beberapa saat hingga aromanya mulai memudar.

4. Obat nyamuk oles.

Plus minus 4 jenis obat nyamuk yang diklaim paling aman

Obat nyamuk jenis ini juga memiliki beberapa penggemar. Tidak terhirup seperti jenis obat nyamuk yang lain, namun walau begitu obat nyamuk jenis ini tetap mengandung bahan kimia. Obat nyamuk jenis ini mengandung zat DEET serta Picaridin.

Obat nyamuk jenis ini diklaim sebagai obat nyamuk yang aman dan ampuh. Pasalnya, selain tidak menimbulkan asap atau bebauan yang terhirup, juga tingkat keberhasilan dua zat yang telah disebutkan dalam menangkal nyamuk sangat tinggi.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red