×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pink Floyd, salah satu legenda musik psychedelic dunia

0

Musik

Pink Floyd, salah satu legenda musik psychedelic dunia

Bagi para pencinta musik oldies, Pink Floyd akan selalu mendapat tempat tersendiri.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hamas Asaduddin

21 / 09 / 2018 11:25

Bagi sebagian pencinta musik oldies, maka Pink Floyd adalah salah satu band yang akan mendapat tempat di hati, karena musik musik hebat yang telah mereka ciptakan. Band ini didirikan pada tahun 1971 oleh beberapa mahasiswa arsitektur (kecuali Syd Barret yang menjadi mahasiswa seni) di Inggris, pada tahun 1971. Band ini dikenal karena memiliki gaya musik yang terbilang aneh, lirik yang filosofis, punya gaya sastra yang baik, sampul album yang sangat nyeni, serta konser konser mereka yang megah.

Awalnya band ini beranggotakan enam orang, yaitu Syd barret (vokal, gitar), Bob Klose (gitar), Roger Waters (bass), Richard Wright (Keyboard), dan Nick Mason (drum). Sampai akhirnya Bob Klose keluar karena lebih tertarik dengan musik blues dan jazz serta mendalami seni fotografi. Sebelum memakai nama Pink Floyd, band ini sempat berubah nama, mulai dari Sigma 6, T-Set, Meggadeaths, The Screaming Abdabs, The Architectural Abdabs dan The Abdabs. Kemudian band ini diberi nama baru The Pink Floyd Sound, lalu menjadi The Pink Floyd. Sebelum merilis album pertama, nama ini dipersingkat kembali menjadi Pink Floyd. Asal nama ini terinspirasi dari dua musisi blues, yaitu Pink Anderson dan Floyd Council.

Saat karir mereka mulai naik daun, sang vokalis mengalami gangguan mental, di mana Syd mulai bertindak tak terkendali, bahkan kadang saat konser ia malah diam tak bergerak. Akhirnya Roger Waters menghubungi David Gilmour untuk menutupi penampilan Syd yang tak bisa diharapkan. Namun lama kelamaan peran Gilmour menjadi lebih krusial dan akhirnya Syd Barret dinonaktifkan dari band.

Pink Floyd bersama David Gilmour (kanan)

Banyak karya-karya mereka yang menjadi hits pada saat itu. Dari album pertama mereka the Piper at the Gates of Dawn, pernah mencapai peringkat ke-6 di Inggris serta sering disetarakan dengan album dari The Beatles, yaitu Sgt. Peppers Lonely Hearts Club Band jika dari segi psychedelic. Uniknya, Pink Floyd memang menyaksikan secara langsung saat the beatles merekam album tersebut. Sampai akhirnya ketenaran Pink Floyd memuncak ketika merilis album yang berjudul The Dark Side of the Moon. Saat itu nama Pink Floyd benar-benar pada puncaknya di mana album tersebut membuat rekor, yaitu bertahan mencapai puncak charts dan bertahan di US Top 200 selama 741 minggu (termasuk 591 minggu berturut-turut dari 1973 sampai 1988). Hal ini membuatnya menjadi salah satu album paling laris di dunia. Belum lagi ditambah dengan sampul album mereka yang ikonik, the prism. Sampul album tersebut tetap eksis hingga sekarang.

Loading...

https://www.pinterest.com/pin/679058450038343791/

Selain dua album yang sudah disebut di atas, masih banyak lagi album-album yang berisikan hits-hits dari Pink Floyd, antara lain adalah Obsecured by Clouds, Wish You Were Here, Animals, The Wall, dan juga The Division Bell. Tak sebatas itu, masih ada banyak album dari Pink Floyd yang berisikan musik berkualitas. So guys, jika kamu ingin mencari referensi lain dari musik, band ini recommended banget! 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red