Setiap orang pasti memiliki phobia atau rasa takut dalam hidupnya. Ada yang takut pada ketinggian, ada yang takut saat berada di ruangan gelap, dan lainnya. Phobia tersebut bisa terjadi karena trauma di masa lalu. Tetapi ada phobia yang aneh yang mungkin belum atau jarang kamu dengar seperti berikut ini.

1. Gerascophobia

Phobia atau rasa takut untuk mengalami penuaan. Tidak hanya fisik, penderitanya juga mengalami rasa takut untuk bertumbuh dewasa karena merasa jika bertanggung jawab saat dewasa sangatlah tidak menyenangkan.

2. Athazagoraphobia

Ketakutan untuk melupakan seseorang dan juga dilupakan atau ditolak oleh seseorang. Penderitanya juga memiliki ketakutan jika posisi / keberadaannya sekarang tergantikan oleh orang lain yang lebih berarti daripadanya.

3. Eremophobia

Phobia dimana penderitanya mengalami ketakutan saat merasa kesepian dan saat berada di dalam kondisi sepi / kesepian. Penderitanya tidak bisa sendirian, harus selalu ada seseorang yang menemaninya di sampingnya.

4. Thantophobia

Thantophobia adalah sebutan untuk rasa takut yang begitu besar untuk kehilangan seseorang yang dicintai. Takut ditinggal pergi atau karena meninggal. Penyebabnya bisa terjadi akibat trauma pengalaman di masa lalu.

5. Selenophobia

Phobia yang sering diseput Lunaphobia ini membuat penderitanya mengalami takut berlebihan pada bulan. Mereka mengganggap jika bulan memiliki tampilan mengerikan, sehingga menghindari untuk keluar malam.

6. Achluophobia

Penderita mengalami ketakutan yang hebat terhadap kegelapan / suasana gelap. Muncul rasa takut, cemas saat mereka dalm ruangan gelap. Mereka juga dipastikan tidak bisa tidur dalam kondisi lampu mati.

7. Aurophobia

Penderitanya mengalami rasa takut, geli dan cemas saat melihat emas serta perhiasan. Mereka cenderung tidak berani untuk memegangnya. Bahkan, penderita yang cukup parah akan merasa mual ketika melihat emas.

8. Sidonglobophobia

Penderitanya mengalami ketakutan terhadap kapas. Mereka akan mulai menangis dan terkena panick attack saat melihat kapas atau bahkan hanya gambar / foto. Penyebab phobia ini biasanya karena trauma masa lalu.

9. Friggatriskaidekaphobia

Istilah untuk penderita yang mengalami ketakutan pada hari Jumat di tanggal 13. Para penderita phobia ini berpikiran bahwa kombinasi hari dan tanggal ini disebut dapat mendatangkan malapetaka dan kesialan luar biasa.

10. Nosocomephobia

Ketakutan yang tidak masuk akan terhadap rumah sakit baik takut akan ruangan emergency, diagnosa penyakit, darah, kesakitan bahkan kematian.

Phobia mana yang menurut kamu paling aneh? Atau kamu mengalami salah satu phobia di atas?