Zuhai, China - Pesawat Amfibi terbesar di dunia yakni AG600 buatan Perusahaan industri Pesawat China (AVIC) berhasil berhasil melakukan penerbangan perdananya pada hari minggu sore (24/12) waktu China.

Pesawat dengan kode "Kunlong" ini menurut kantor berita Xinhua berhasil terbang dari bandara di selatan kota Zuhai dan kembali setelah melakukan penerbangan kira-kira selama satu jam. Pesawat yang memiliki lebar sayap 38.8 meter ini, hampir sama besar dengan Boeing 747. Pesawat yang memiliki empat mesin Turboprop ini mampu untuk mengangkut 50 orang dan mampu mengudara selama 12 jam nonstop.

Pesawat amfibi terbesar di dunia berhasil lepas landas di China "Penerbangan perdana yang sukses ini menjadikan China diantara beberapa Negara yang mampu mengembangkan pesawat amfibi yang berukuran besar." menurut Huang Lingcai, Chief Designer AG600 seperti yang dilansir oleh Xinhua

Pesawat ini sejatinya digunakan untuk misi pemadam kebakaran dan penyelamatan laut, namun pesawat ini juga dapat diaplikasikan menjadi pesawat militer. Media lokal china melaporkan, Pemerintah China telah memesan 17 unit pesawat AG600, namun masih belum jelas siapa yang menjadi operatornya. Kemampuan terbang AG600 mampu menjangkau seluruh proyek pembangunan pulau pemerintah China di wilayah laut china selatan.

"Rentang Operasional hingga 4,500km dan kemampuannya untuk mendarat dan lepas landas di air, menjadikannya sangat sesuai untuk ditempatkan pada pulau buatan China. kata James Char, Analis Militer dari Universitas Tehnologi Nanyang, Singapura yang dikutip dari The Guardian.

Pengembangan Pesawat Amfibi ini nampaknya digunakan oleh China untuk meningkatkan powernya di wilayah laut China selatan yang telah menjadi sengketa sejak lama.