Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan aplikasi pesan semakin besar. Tak hanya menjadi ajang seru-seruan dengan teman, aplikasi semacam ini juga makin dirasakan manfaatnya karena nyaris mampu menggantikan peran SMS dan panggilan telepon.

Dilansir dari tribunnews.com, salah satu aplikasi pesan yang banyak digandrungi adalah WhatsApp. Aplikasi ini mampu menjawab semua kebutuhan orang untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Cara menggunakannya pun cukup mudah dan pesan dapat tersampaikan dengan baik.

Lebih dari sekadar menyampaikan pesan teks, WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara, panggilan video dan berkirim file. Untuk sekadar mengetahui keberadaan seseorang pun, pihak WhatsApp telah menyediakan fitur pendukung. Sayangnya, dari sekian banyak manfaat WhatsApp, para pengguna terkadang luput dengan hal-hal kecil yang sangat berpengaruh.

Kegunaan tanda jam kecil di Whatsapp.

Salah satu hal kecil yang sering luput adalah tanda jam kecil yang biasanya muncul ketika akan mengirim pesan lewat WhatsApp. Gambar tersebut muncul sesaat, lalu berubah dengan cepat menjadi tanda centang satu, lalu centang dua dan kemudian centang dua berwarna biru jika sudah dibaca. Hanya saja, ada kalanya tanda jam kecil yang ada di samping pesan tak mengalami perubahan. Mengapa demikian?

Itu karena tanda jam tersebut merupakan petunjuk bahwa kamu sedang tak terhubung dengan jaringan internet atau Wifi. Tak hanya itu, tanda jam tersebut bisa tak berubah karena Smartphone yang kamu gunakan sedang menanti bandwidth internet yang cukup.

Artinya, meskipun kamu sudah terhubung dengan jaringan internet, namun jika bandwidth tak cukup, maka pesan yang akan kamu sampaikan belum bisa terkirim. Jika bandwidth yang dibutuhkan cukup, maka pesan tersebut akan dengan cepat terkirim ke server, untuk kemudian diteruskan pada penerima.

Bandwidth cukup tapi masih ada tanda jam kecil?

Jaringan internet atau bandwidth tak cukup bisa terjadi ketika kamu berada di suatu lokasi yang sulit mendapatkan sinyal. Lalu, mengapa terkadang tanda jam tersebut tak juga berubah padahal kamu berada di lokasi yang sinyalnya cukup banyak dan jarang mengalami gangguan?

Jika demikian, berarti tanda jam kecil di aplikasi WhatsApp tersebut memberikan kamu tiga isyarat. Pertama, bisa jadi paket data atau kuota datamu sudah habis. Kedua, kemungkinan jaringan seluler atau Wifi sedang mengalami gangguan. Ketiga, kemungkinan versi WhatsApp di perangkatmu perlu diperbaharui.

Semoga bermanfaat ya.