Di tengah-tengah puluhan ribu penonton yang hadir di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur (2/8/2018), Timnas sepak bola Indonesia U-16 menggilas Timnas U-16 Vietnam dengan skor 4-2 di pertandingan ketiga Piala AFF U-16 2018.

Anak-anak asuhan Fachry Husaini tertinggal lebih dulu dari Vietnam setelah Dinh Trang Thung mencetak gol menit ke-6' memanfaatkan bola sapuan tanggung dari Komang Teguh yang tidak bisa diantisipasi kiper Ernando.

Tertinggal 0-1 semakin membuat serangan Garuda Asia menjadi-jadi. Akhirnya dari sekian percobaan, Indonesia berhasil mencetak gol dari pemain pengganti Supriadi di menit-29'.

Permainan gemilang Timnas U-16 berhasil kalahkan Vietnam 4-2

Sebelum mencetak gol, anak Surabaya ini mengelabui tiga pemain Vietnam dan diakhiri dengan penyelesaian akhir yang apik serta menyamakan skor menjadi imbang 1-1 hingga turun minum babak pertama berakhir.

Di babak kedua, David Maulana cs langsung menggebrak pertahanan Vietnam. Hal itu membuat pertahanan Negeri Paman Ho kalut dan melakukan pelanggaran di kotak 16 pas sehingga Indonesia mendapat hadiah pinalti.

Bagus Kahfi yang baru masuk di babak kedua menggantikan Sutan Zico sukses menjadi algojo dan menciptakan gol kedua bagi Nusantara menit ke-45'. Unggul 2-1 tidak lantas membuat Garuda Asia berpuas diri.

Di menit 60', Bagus Kaffa yang masuk ke dalam pertahanan Vietnam lalu mengirim umpan silang datar langsung dieksekusi oleh saudara kembarnya. Bagus Kahfi menjadi gol ketiga Indonesia sekaligus menjadikannya top skor sementara turnamen dengan 6 gol.

Permainan gemilang Timnas U-16 berhasil kalahkan Vietnam 4-2

Pendukung Garuda Asia sempat dibuat deg-degan ketika Vietnam mendapat hadiah pinalti dari wasit dan dikonversikan menjadi gol oleh Thanh Trung menit ke-73'.

Beruntung saat Indonesia mendapat kesempatan menyerang balik di akhir pertandingan, berhasil dimaksimalkan Andre Oktaviansyah menjadi gol yang berhasil menaklukkan kiper Vietnam untuk keempat kalinya di menit-83'.

Dengan kemenangan ini membuat Indonesia kokoh di puncak klasmen grup A Piala AFF 2018 dengan 9 poin, disusul Myanmar di peringkat dua (6 poin), Vietnam (6), Kamboja (3), Timor Leste (3), dan Filipina (0) di peringkat terakhir.

Selanjutnya Indonesia akan bertanding melawan Timor Leste hari Sabtu, tanggal 4 Agustus 2018 pukul 19.00 WIB di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

Jika menang dari Timor Leste, maka Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinal. Maju terus Garuda Asia!