Menurut hasil penelitian terbaru, remaja yang kurus akan mengalami menopause lebih cepat dari remaja dengan berat badan normal dan gemuk.

Dikuti dari News.com.au, wanita dalam rentang usia 18-30an yang mengalami kehilangan berat badan sebanyak 9 kg hingga tiga kali berpeluang mengakhiri kehidupan reproduksi secara prematur.?

Bobot kurus didefinisikan memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) kurang dari 18,5. Sedangkan menopause dini diartikan sebagai menopause yang terjadi sebelum usia 45 tahun.

Penelitian terbaru, wanita kurus lebih cepat mengalami menopause

Periset menganalisis data dari 78.759 wanita pra-menopause berusia 25 sampai 42 tahun yang tergabung dalam Studi Kesehatan Perawat AS II pada tahun 1989. Penelitian ini merupakan salah satu dari serangkaian penyelidikan utama terhadap penyebab penyakit kronis pada wanita.

Pimpinan ilmuwan, Dr Kathleen Szegda, dari Universitas Massachusetts, mengatakan bahwa temuan menunjukkan hasil jika wanita yang memiliki berat badan kurang pada awal atau pertengahan masa dewasa lebih berisiko tinggi mengalami menopause dini.