×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Pakaian tradisional dari 7 negara di Eropa ini keren banget

0

Global

Pakaian tradisional dari 7 negara di Eropa ini keren banget

Pengen coba memakainya, deh!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

29 / 10 / 2019 14:00

Pakaian tradisional merupakan ciri khas dari suatu negara. Pakaian ini juga dipengaruhi oleh agama dan kepercayaan yang dianut, serta iklim di setiap negara. Hampir setiap negara mempunyai pakaian tradisional, tak terkecuali negara-negara di Eropa. Penasaran kan pakaian tradisional apa saja yang ada di Eropa? Yuk simak daftar berikut.

1. Tracht (Jerman).

tracht

Image source: theculturetrip.com

Tracht merupakan kostum nasional wanita Jerman yang berasal dari daerah sekitar pegunungan Alpen, termasuk Jerman bagian selatan. Gaun yang anggun ini terdiri dari dalaman blouse lengan lengan pendek yang terkadang dijahit menyatu dengan bodice (outer berbentuk tanktop), bodice dan rok bercelemek selutut atau sepanjang betis. Saat ini, gaun ini memiliki variasi dalam berbagai warna dengan hiasan bordir, renda, dan tenunan. Gaun ini biasanya dipakai pada saat Oktoberfest di Kota Munchen.

Loading...

2. Sarafan (Rusia).

Sarafan

Image source: vietnamconsulate-vladivostok.org

Sarafan merupakan gaun tradisional Rusia yang dikenakan oleh wanita. Kata Sarafan berasal dari Bahasa Persia yang berarti pakaian dari kepala hingga kaki, sesuai bentuknya yang berupa gaun panjang. Umumnya, Sarafan berbentuk gaun yang longgar dan tidak membentuk tubuh. Sarafan dapat divariasikan dalam bentuk gaun yang disertai overall, penambahan outer tanpa lengan, blouse dan rok panjang yang disatukan, dan lain-lain. Sebagai pelengkap, gaun ini dipakai dengan topi tradisional Rusia yang unik.

3. Bunad (Norwegia).

Bunad

Image source: lifeinnorway.net

Bunad merupakan pakaian nasional wanita Norwegia. Pakaian ini mulai dipakai wanita Norwegia pada abad ke-18. Umumnya, bentuk pakaian ini berupa sambungan atasan dengan bawahan berupa rok. Sekilas pakaian ini mirip dengan Tracht, tetapi blouse dalaman yang digunakan berlengan panjang. Perbedaan lainnya dengan Tracht adalah bagian terluarnya berupa overall yang sedikit longgar dengan berbagai bentuk bordir dan warna. Pakaian ini dikenakan pada saat pesta rakyat, pernikahan, upacara pembaptisan, hari konfirmasi gereja, dan hari nasional Norwegia.

4. Gaun Flamenco (Spanyol).

Flamenco dress

Image source: spain-holiday.com

Jika kamu tahu tarian Flamenco yang berasal dari Spanyol, kamu pasti tahu bahwa penari wanitanya memakai gaun yang sangat indah. Ya, gaun tersebut dinamakan gaun Flamenco. Gaun ini mempunyai ciri khas, yaitu bagian roknya yang sangat mengembang dan lebar. Variasi bentuk roknya juga bisa seperti rok tutu bertingkat yang tidak terlalu mengembang. Gaun ini dipakai oleh penari Flamenco dan wanita Spanyol pada saat festival tradisional seperti Feria de Abril. Jika ingin memiliki gaun ini, kamu bisa menemukannya di toko-toko pakaian di Spanyol dengan berbagai variasi dan warna.

5. Kilt (Skotlandia).

kilt

Image source: ozkilts.com

Jika biasanya rok dipakai oleh kaum hawa, maka tidak dengan rok asal Skotlandia yang dinamai kiltKilt adalah rok selutut yang khusus dipakai oleh para lelaki Skotlandia. Mereka memakai langsung rok tersebut tanpa dalaman celana pelapis sehingga menampakkan lutut. Rok ini dipakai beserta setelan jas, sporran, kaos kaki selutut dan sepatu brogues. Motif khusus rok ini di Skotlandia berupa motif tartan (kotak-kotak). Rok ini dipakai pada saat acara formal dan acara pernikahan. Selain itu, band musik tradisional Skotlandia juga memakai rok ini pada saat festival musik.

6. Fustanella (Yunani).

fustanella

Image source: lifeofsaturdays.com

Fustanella merupakan gaun berlengan lebar yang bagian bawahnya berbentuk rok lipit. Jangan salah, gaun ini hanya dipakai oleh para lelaki loh. Gaun ini dikenakan pada saat upacara militer oleh unit militer Yunani, Evzones. Sekilas bagian rok pada gaun ini sama seperti kilt, tetapi keseluruhan gaun ini berwarna polos (kebanyakan berwarna putih) dan ada pemakaian celana panjang di dalam rok. Sebagai pelengkap, gaun ini dikenakan dalam rompi sepinggang, topi khas Yunani, dan kaos kaki selutut yang menutupi celana panjang.

7. Ghonella (Malta).

Ghonella

Image source: Pinterest

Ghonella merupakan penutup kepala wanita berbentuk hoodie yang lebih lebar dan disertai kain panjang. Umumnya, ghonella berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Namun, ada juga ghonella yang berwarna putih yang dikenakan oleh wanita yang berstatus tinggi di masyarakat. Ghonella dikenakan bersama dengan gaun panjang berwarna sama sehingga memberikan kesan tertutup. Fungsi awal ghonella ketika pertama kali dipakai pada abad ke-16 adalah sebagai pelindung tubuh dari sinar matahari. Ditambah lagi ketika cuaca hujam, ghonella dapat melindungi tubuh dari hujan dan angin. Saat ini, ghonella hanya dipakai ketika ada festival yang diselenggarakan di Malta.

Nah, gimana? Sudah terjawab kan keingintahuanmu terhadap pakaian tradisional di negara-negara Eropa? Jika ada kesempatan ke negara-negara pada daftar di atas, jangan lupa mencoba pakaian tradisionalnya, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red