Kalau kamu mengaku pecinta K-Pop sejati, pastinya tahu dong tentang boygroup generasi pertama, kedua, dan ketiga? Boygroup masa kini seperti EXO, BTS, Seventeen, dan banyak lagi, termasuk dalam generasi ketiga.

Ketiga generasi tersebut dikategorikan berdasarkan tahun debut mereka. Boygroup generasi pertama adalah yang debut di pada tahun 1900-an. Mereka adalah H.O.T, Sechkies, Shinhwa, dan banyak lagi. Sedangkan generasi kedua adalah grup yang debut di awal tahun 2000-an.

Boy group generasi kedua inilah yang setia menemani masa remaja kalian yang lahir di era 1990-an. Eits, tunggu dulu. Meski tergolong senior, namun banyak di antara mereka yang masih aktif melakukan comeback hingga saat ini. Yuk, tengok empat boy group yang termasuk generasi kedua berikut.

1. TVXQ

4 Boyband K-Pop generasi awal ini pesonanya nggak pernah pudar
foto: http://iheartkorea.com/

TVXQ debut pada tahun 2003 di bawah naungan SM Entertainment. Dahulu, grup ini memiliki lima member. Akan tetapi pada tahun 2010, tiga orang member, yaitu Jaejoong, Yoochun, dan Junsu memilih keluar dari agensi mereka melalui perhelatan yang cukup sengit. Kini tinggal Yunho dan Changmin yang tetap aktif bersama TVXQ. Tahun ini mereka bahkan melakukan comeback yang cukup lama telah dinantikan.


2. SS501

4 Boyband K-Pop generasi awal ini pesonanya nggak pernah pudar
foto: https://www.allkpop.com

Pada tahun 2005, grup ini debut beranggotakan lima member, yaitu Kim Hyun Joong, Heo Young Saeng, Kim Kyu Jong, Park Jung Min, dan Kim Hyung Jun. Mereka merupakan boy group asuhan DSP Entertainment. Grup ini memang sudah jarang terdengar kabarnya. Meski demikian, mereka masih melakukan comeback lho pada tahun 2016 tahun lalu.


3. Super Junior

4 Boyband K-Pop generasi awal ini pesonanya nggak pernah pudar
foto: https://www.allkpop.com

Wah, siapa yang tak kenal dengan sembilan idol rupawan ini? Sama seperti TVXQ, Super Junior berada di bawah naungan SM Entertainment. Grup yang awalnya beranggotakan dua belas member ini debut di tahun 2005. Super Junior merupakan salah satu grup legendaris yang tak pernah hilang namanya. Pada Bulan Oktober 2017, Super Junior baru saja melakukan comeback dengan album yang berjudul PLAY.


4. Big Bang

4 Boyband K-Pop generasi awal ini pesonanya nggak pernah pudar
foto: https://www.dramafever.com

Big bang debut di tahun 2006 dan merupakan salah satu grup andalan dari YG Entertainment. Grup ini beranggotakan lima member, yaitu G Dragon, T.O.P, Taeyang, Seungri, dan Daesung. Boy group yang satu ini sudah dikenal bahkan hingga kalangan mancanegara sehingga tak heran jika mendapat sebutan King of Kpop. Belum lama ini beberapa membernya, seperti G Dragon dan Taeyang, menggelar konser solo mereka masing-masing.

Nah, itulah keempat boy group dari generasi kedua yang tak kalah hebat dari boygroup generasi ketiga. Rindu dengan kehadiran mereka di layar kaca?