×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Normalkah warna darah haid kamu? Ketahui 5 perbedaannya berikut ini

0

Cewek

Normalkah warna darah haid kamu? Ketahui 5 perbedaannya berikut ini

Warna darah haid bervariasi. Sebagian masih normal, namun yang lain bisa jadi mengindikasikan permasalahan tertentu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Lingshenyao Herbal

10 / 10 / 2019 17:47

Warna darah haid dapat menandakan kondisi kesehatan khusus yang mungkin dimiliki wanita. Setiap wanita punya rona merah darah haid yang bervariasi tergantung seberapa kental darah yang keluar serta berapa banyak volumenya. Hal tersebut bisa jadi membingungkan. Namun warna darah menstruasi normal seharusnya merah terang seperti buah ceri ranum yang menandakan menstruasimu teratur dan sehat.

Namun darah menstruasi juga punya variasi warna lain yang sebagian menandakan adanya masalah dalam tubuhmu.

1. Warna darah haid merah muda.

Warna darah haid seperti ini kadang menandakan kamu kurang kadar estrogen yang ditandai dengan sedikitnya volume darah yang keluar. Namun orang yang sering melakukan olahraga berat juga sering mengeluarkan darah berwarna merah mudah. Tetapi perhatikan juga siklus menstruasimu.

Kondisi kekurangan kadar estrogen tak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat mengakibatkan vagina kering, kehilangan gairah seks, dan risiko osteoporosis. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Loading...

2. Warna oranye.

Kondisi warna darah haid yang memudar ini biasanya karena bercampur dengan cairan serviks. Namun warna darah ini juga bisa jadi tanda bahawa terjadi pendarahan implantasi saat sel telur yang telah dibuahi menempel ke rahim yang mana kondisi ini biasanya terjadi 10 hingga 14 hari pembuahan.

Namun bercak oranye ini tak selalu pertanda baik karena bisa saja menandakan infeksi seperti keputihan abnormal yang berwarna orange atau bahkan infeksi bakteri pada vagina atau penyakit menular seksual.

3. Warna darah haid cokelat muda atau tua.

Warna darah cokelat yang keluar biasanya di akhir-akhir menstruasi ketika aliran darah sudah mulai melambat. Bisa jadi juga darah ini adalah sisa dari menstruasi bulan lalu yang belum luruh sepenuhnya. Namun darah yang berwarna cokelat juga bisa menjadi tanda kehamilan. Maka dari itu segera konsultasi pada dokter jika mengalami hal ini yang disertai dengan telat menstruasi.

4. Warna haid merah terang.

Warna darah yang sehat dan segar biasanya ditandai dengan warna merah terang. Tetapi tidak setiap hari akan berawarna terang sebab warna darah ini biasanya muncul di awal dan berwarna gelap jika di akhir menstruasi.

Namun ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami ini di antara siklus haid karena bisa saja menandakan masalah kesehatan seperti penyakit menular seks.

5. Warna haid merah tua.

Munculnya darah haid merah tua bisa saja pada saat kamu tertidur atau dalam keadaan berbaring sebentar saja. Darah berwarna gelap bisa terjadi karena tertahan dalam rahim, namun tak cukup lama hingga berubah menjadi cokelat.

Warna merah tua juga bisa terjadi karena pendarahan vagina setelah melahirkan. Bila kamu menjalani operasi caesar, pendarahan tersebut hanyak akan terjadi selama 24 jam saja.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red