Berat badan yang ideal adalah impian semua orang. Bahkan tidak sedikit orang yang rela melakukan apapun untuk mendapatkan tubuh ideal. Dari rutinitas berolahraga yang sederhana setiap hari hingga diet yang harus mengeluarkan biaya banyak.

Lalu adakah kegiatan yang dapat membakar kalori hanya dengan diam saja? Ada. Sebuah laporan yang dipublikasikan di Telegraph.co.uk pada tahun 2012 menjelaskan bahwa orang yang menonton film dengan pemacu adrenalin seperti film horor, sekitar 90 menit, dapat mengurangi sebanyak 113 kalori, sama seperti berjalan selama 1 jam, dan sama dengan kalori yang dihasilkan sepotong cokelat.

Seperti dilansir dari HelloSehat.com, para peneliti di University of Wesminster melakukan sebuah studi yang melibatkan 10 orang berbeda untuk menonton film horor pilihan. Para peneliti merekam detak jantung, oksigen yang dihirup, dan karbondioksida yang dikeluarkan, dan menemukan jumlah kalori yang dibakar meningkat dalam ketiga poin tadi saat film berlangsung.

Dalam penelitian ini juga mengungkap bahwa film yang didesain sedemikian untuk membuat para penonton melonjak kaget dari tempat duduknya karena teror yang ditampilkan dalam film adalah pembakar kalori terbaik, karena menyebabkan detak jantung mereka berdetak kencang.

Dosen senior dan spesialis dalam metabolisme sel dan fisiologi Dr. Richard Mackenzie di University of Westminster, mengatakan bahwa setiap 10 film yang dites membuat degup jantung berdetak cepat. Degup semakin cepat, darah yang terpompa di sekitar tubuh jadi lebih cepat, dan tubuh akan mengalami tekanan adrenalin.

Tubuh akan melepas adrenalin yang beraksi cepat, diproduksi saat kejutan pendek karena stress yang intens (dalam kasus ini, karena rasa takut). Efeknya adalah menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolik basal, dan akhirnya membakar kalori dalam tingkat tertinggi, tutur Richard.

Seorang editor film perusahaan rental film LOVEFiLM, Helen Cowley, yang juga terlibat dalam studi yang dilakukan beberapa peneliti di University of Westminster mengatakan bahwa banyak orang cenderung menutup mata, bersembunyi di balik bantal, atau memeluk guling sambil mengalihkan mata supaya tak melihat adegan menyeramkan, namun penelitian ini menyarankan bahwa mungkin dengan memaksakan diri melihat adegan-adegan seram di film tersebut akan membakar beberapa kalori.

"Jadi sebaiknya tetap buka mata Anda saat menonton," tutur Helen kepada Telegraph.

Berdasarkan penelitian tersebut ini 10 film terbaik yang bisa menurunkan sebanyak 100 kalori lebih dari 100:

1. The Shining: 184 kalori

2. Jaws: 161 kalori

3. The Exorcist: 158 kalori

4. Alien: 152 kalori

5. Saw: 133 kalori

6. A Nightmare on Elm Street: 118 kalori

7. Paranormal Activity: 111 kalori

8. The Blair Witch Project: 105 kalori

9. The Texas Chainsaw Massacre: 107 kalori

10. [Rec]: 101 kalori