1. Heraclion,Mesir.

7 Kota di negara terbesar ini zaman dulu pernah tenggelam

Foto : zenman.com

1.200 tahun yang lalu kota Mesir kuno Heracleion menghilang di bawah laut Mediterania. Didirikan sekitar abad ke-12 SM, jauh sebelum berdirinya kota Alexandria pada tahun 331 SM, diyakini bahwa Heracleion menjabat sebagai pelabuhan wajib bagi semua kapal yang datang dari Yunani untuk masuk ke Mesir. Analisis situs juga menunjukkan pengenceran (liquefaction) tanah.

Fenomena lokal dapat dipicu oleh aksi tekanan besar pada tanah dengan tanah liat yang tinggi dan kadar air. Tekanan dari berat bangunan-bangunan besar, dikombinasikan dengan seringnya banjir besar atau gelombang pasang, secara dramatis dapat memberi tekanan pada tanah dan memaksa keluar air yang terkandung di dalam struktur tanah liat. Tanah liat dengan cepat kehilangan volume, yang menciptakan penurunan mendadak.

Gempa bumi juga dapat menyebabkan fenomena tersebut. Faktor-faktor ini, baik yang terjadi bersama-sama atau secara mandiri, mungkin telah menyebabkan kerusakan yang signifikan dan menjelaskan tenggelamnya kota Thonis-Heracleion.

2. Port Royal, Jamaica.

7 Kota di negara terbesar ini zaman dulu pernah tenggelam

Foto : interestingshit.com

Port Royal adalah sebuah kota yang terletak di ujung sebuah spit (bentuk lahan yang terbuat oleh endapan pasir dari gerakan pasang surut) sepanjang 18 mil yang dikenal sebagai Palisadoes, di mulut Kingston Harbour, di tenggara Jamaika. Didirikan pada tahun 1518, dengan cepat tumbuh menjadi pusat perdagangan paling penting di Laut Karibia karena posisinya yang strategis di jalur perdagangan antara 'Dunia Baru' dan Spanyol.

Kejayaan Port Royal tiba-tiba berakhir pada 7 Juni 1692 ketika sebuah gempa besar mengguncang kota tersebut, dan segera setelah gempa, gelombang tsunami menghantam kota. Banyak orang yang setengah terkubur akibat gempa, tenggelam oleh gelombang pasang ini. Dalam beberapa menit dua pertiga kota tenggelam ke laut dan lebih dari dua ribu orang meninggal.

Lebih buruk lagi, pemakaman yang terletak di luar kota pada Palisadoes menjadi terbuka oleh gempa dan sebagian besar mayat dan kerangka juga meluncur ke laut.

3. Dwaraka, India.

7 Kota di negara terbesar ini zaman dulu pernah tenggelam

Foto : gujaratexpert.com

Antara tahun 1983 sampai 1990, kota yang dikelilingi dinding Dwaraka ditemukan, dengan daerah lebih dari setengah mil dari garis pantai.

Kota ini dibangun pada enam sektor di sepanjang tepi sungai. Fondasi batu dinding kota yang didirikan membuktikan bahwa tanah itu direklamasi dari laut. Secara umum, kota Dwaraka yang dijelaskan dalam teks-teks kuno sesuai dengan kota bawah laut yang ditemukan oleh MAU.

Terjemahan harfiah adalah "Bencana ini telah menjadi simbol kematian dan bangsa Yadavas tak bisa bertahan di sini lebih lama lagi.." Hal ini mirip dengan kerusakan yang ditimbulkan tsunami yang mungkin terjadi pada Dwaraka kuno dan penduduknya. Tapi ada tiga teks termasuk Harivamsa, Matsya Purana dan Bhagavat-gita, yang menyatakan bahwa butuh waktu tujuh hari untuk mengosongkan Dwaraka sebelum tenggelam oleh laut. Jika kita menganggap bahwa Dwaraka tenggelam akibat tsunami, gerakan bertahap dari laut tidak dapat dijelaskan.

4. Baiae And Portus Julius, Italy.

7 Kota di negara terbesar ini zaman dulu pernah tenggelam

Foto : atlasobscura.com


Baiae adalah kota Romawi kuno yang menghadap Teluk Naples, adalah tempat kaisar, bangsawan, dan orang orang Roma yang kaya pergi menghabiskan waktu di villa villa mereka. Baiae juga terhubung ke pangkalan angkatan laut terbesar Kekaisaran Romawi, Portus Julius.

Namun, kota pelabuhan tersebut dibangun di atas sebidang tanah vulkanik, suatu hal yang telah menyebabkannya runtuh ke laut.

5. Pavlopetri, Greece.

7 Kota di negara terbesar ini zaman dulu pernah tenggelam

Foto : huffingtonpost.com

Reruntuhan kota kuno Mycenaean, Pavlopetri bertanggal kembali ke periode Neolitik (2.800 SM), dan mengungkap pusat budaya Yunani kuno.

Kota tenggelam itu ditemukan tiga sampai empat meter di lepas pantai selatan Laconia, dan memiliki banyak bangunan utuh, halaman, jalan-jalan, peti mati dan kuburan.

Pavlopetri diyakini menjadi kota pelabuhan yang berkembang dan menjadi kunci bagi banyak misteri peradaban Mycenaean.

6. Cleopatra's Kingdom, Alexandria, Egypt.

7 Kota di negara terbesar ini zaman dulu pernah tenggelam

Foto : epictimes.com

Hiang selama 1.600 tahun, bagian dari kerajaan Cleopatra ditemukan dilepas pantai Alexandria.

Sebuah tim arkeolog kelautan, yang dipimpin oleh Prancis, Franck Goddio, mulai menggali kota kuno itu pada tahun 1998. Sejarawan percaya bahwa situs itu tenggelam oleh gempa bumi dan gelombang pasang. Namun, yang mengherankan, beberapa artefak sebagian besar tetap utuh.

Di antara penemuan adalah fondasi istana, kapal karam, kolom granit merah, dan patung-patung dewi Isis dan sphinx. Pemerintah Mesir berencana untuk membuat sebuah museum bawah air dan tur ke situs tersebut.

7. Yonaguni, Jepang.

7 Kota di negara terbesar ini zaman dulu pernah tenggelam

Foto : wakingtimes.com

Pada tahun 1986, seorang penyelam dekat pulau Yonaguni, yang terletak di perbatasan Jepang dan Taiwan, menemukan sebuah struktur bangunan batu yang aneh 25 meter dibawah permukaan laut. Struktur bangunan yang membentuk tangga batu dengan jalur-jalur yang misterius itu dikenal dengan sebutan Piramida Yonaguni.

Struktur teras pada yonaguni dan kanal, tidak diragukan lagi merupakan hasil kerja manusia, dibangun dengan memotong patahan batu monolit besar. Struktur teras segi empat dan kanal kemungkinan digunakan sebagai dermaga untuk mengangkut, membongkar muat kapal kecil sebelum matan berpindah menuju kedalaman.

Potongan batu monolit berbentuk kepala manusia dan kumpulan aula digunakan sebagai area untuk tawar menawar dan rapat perkumpulan. Pada 5 April 1998, sebuah gempa bumi yang besar sekitar 7,7 skala Richter menghantam wilayah dimana Piramida itu berada. Apakah struktur itu mengalami kerusakan atau tidak, tidak ada yang mengetahuinya.