×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Nafsu makan kucing menurun? Lakukan 4 hal ini untuk memulihkannya

0

Binatang

Nafsu makan kucing menurun? Lakukan 4 hal ini untuk memulihkannya

4 cara memulihkan nafsu makan kucing yang menurun.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Muwaffiq Rosyadi

14 / 10 / 2019 16:15

Kehadiran kucing di rumah tentunya dapat menjadi mood booster serta teman bermain yang tingkah lucunya selalu mengundang gelak tawa siapa pun yang melihatnya. Binatang satu ini selalu menjadi sumber keceriaan di dalam rumah serta dapat mengatasi kegundahan dan stress si pemilik. Namun, kucing tak jarang juga membuat pemiliknya gelisah dan khawatir tatkala ia tak menghabiskan makanannya yang masih banyak atau bahkan tak mau menyentuhnya sama sekali padahal biasanya ia sangat lahap hingga tempat makannya bersih.

Seperti manusia, kucing pun bisa kehilangan nafsu makannya karena berbagai faktor, seperti kondisi tubuh yang kurang fit, bosan dengan makanan yang sama, hingga birahinya yang sedang menggebu-gebu. Terkadang si pemilik kurang menyadari keadaan tersebut dan tidak bisa berbuat apapun untuk memulihkan nafsu makan kucingnya.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan cat lovers ketika kucingnya sedang rewel makan?

1. Ganti makanannya.

Seperti manusia, kucing pun juga bisa merasa bosan apabila terus-menerus diberi makanan yang sama setiap harinya, sekalipun makanan tersebut berkualitas dan harganya mahal. Kucing ingin menu makannya bervariasi dan bergonta-ganti dalam jangka waktu tertentu. Ia pun tak menuntut pemiliknya harus memberikannya makanan yang mahal.

Loading...

Para cat lovers harus peka terhadap kondisi semacam ini. Sebab, kucing bisa terus-terusan rewel makannya atau tidak mau menyentuh makanannya sama sekali apabila kamu tidak menggantinya dengan makanan lain. Misalnya, apabila biasanya kamu memberinya ikan, maka setelah beberapa hari kamu bisa mengganti menu makannya dengan daging ayam atau ikan jenis lainnya. Apabila ia biasa diberi wet food merk A, maka berikanlah wet food merk B, atau merk A dengan varian rasa yang berbeda. Begitu juga apabila kamu memberinya dry food.

Akan lebih baik apabila kamu melakukan mix feeding, yakni memberinya makan selang-seling. Misalnya pagi kamu beri dia wet food, malamnya kamu beri dia dry food. Atau apabila paginya kamu beri ikan pindang dengan nasi, maka malamnya bisa kamu ganti dengan daging ayam. Mix feeding dapat membantu mencegah rasa bosan kucing terhadap makanannya.

2. Memberi obat penambah nafsu makan dan minyak ikan.

Penyebab kucing rewel makan bukan hanya karena ia bosan dengan makanan yang sama, tetapi bisa juga karena memang nafsu makannya sedang menurun. Biasanya kucing yang sedang kurang nafsu makan cenderung terlihat lemas dan kurang aktif, menghabiskan sepanjang hari untuk tidur dan rebahan.

Untuk mengatasinya, cat lovers bisa memberinya obat atau suplemen penambah nafsu makan yang bisa kamu beli di petshop terdekat. Berikan obat tersebut secara teratur sesuai dosis yang dianjurkan sampai nafsu makan kucing pulih. Selain suplemen penambah nafsu makan, cat lovers juga bisa memberinya fish oil (minyak ikan).

Fish oil sangat baik untuk diberikan kepada kucing bahkan ketika kucing sedang sehat dan tidak rewel makan. Hal ini dikarenakan minyak ikan mengandung asam lemak omega 3 yang sangat berkhasiat untuk tubuh kucing, di antaranya meingkatkan nafsu makan kucing, menjaga kekebalan tubuh, membuat bulunya halus dan indah, serta membantu mempercepat proses recovery (penyembuhan) kucing. Berikan 1-2 kapsul fish oil per hari, bisa dengan cara diteteskan langsung ke mulut si kucing atau jika kesulitan bisa juga dicampurkan pada makanannya.

3. Ciptakan suasana yang berbeda.

Sudah seperti manusia saja ya, makan harus dengan suasana yang paling nyaman dan kondusif. Memang iya, kucing pun bisa merasa jenuh dengan suasana di dalam rumah yang berakibat pada menurunnya nafsu makan.

Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, cat lovers harus pandai-pandai menciptakan suasana baru yang nyaman untuk si kucing agar ia mau makan dengan lahap. Coba beri ia makan di ruangan yang terang dan sejuk, misalnya di teras rumah atau halaman belakang dengan angin yang sepoi-sepoi, kemungkinan kucingmu akan bersemangat lagi dan mau menyantap makanannya dengan lahap. Selain itu, beri ia makan dengan wadah yang berbeda baik warna dan bentuknya. Percaya atau tidak, kucing ternyata bisa memilih wadah makan favorite-nya.

4. Ajak kucing makan dengan kekasihnya.

Penyebab lainnya kucing kehilangan nafsu makannya adalah karena birahinya sedang menggebu-gebu. Dia tidak akan memedulikan rasa laparnya sekalipun cat lovers memancingnya dengan makanan kesukaannya. Yang ia inginkan hanyalah mengejar lawan jenisnya yang ia taksir dan kemudian bersenggama.

Birahi pada kucing memang hal yang wajar sebagai tanda si kucing telah memasuki masa pubernya dan siap kawin dengan lawan jenisnya. Kondisi seperti ini sering kali membuatmu risau karena biasanya kucing yang sedang birahi tidak hanya kehilangan nafsu makannya, tetapi sering lupa rumah dan tidak pulang hingga berhari-hari.

Lalu, langkah apa yang seharusnya cat lovers ambil agar si kucing mau makan? Coba beri makan kucingmu bersama kekasihnya. Sediakan wadah makan yang agak besar agar mereka bisa makan bersama. Langkah ini bisa cat lovers praktikkan pada kucing kesayangan agar ia tidak  kehabisan energi karena birahinya, yang ujung-ujungnya bisa membuat kondisinya drop dan sakit.

Itulah tadi beberapa tips untuk mengatasi kucing yang nafsu makannya menurun. Coba praktikkan tips-tips tersebut satu per satu dengan telaten untuk mengembalikan nafsu makan kucing seperti semula. Apabila tips-tips di atas tidak berhasil, maka cat lovers sangat dianjurkan untuk membawa kucing ke dokter hewan agar mendapatkan pemeriksaan sehingga bisa tahu kondisi yang sebenarnya. Si kucing pun akan mendapat obat dan perawatan yang tepat dari dokter.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red