×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

0

Kesehatan

Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

Buah Naga punya banyak manfaat yang perlu diketahui, ini di antaranya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

KAWULA ALIT

11 / 02 / 2019 15:56

 

Buah naga juga dikenal sebagai Pitaya yang berasal dari Amerika Selatan dan sekarang tumbuh di sebagian besar negara-negara Asia tropis. Kulitnya ditutupi dengan 'sisik' dan memiliki variasi kulit merah atau kuning. Variasi kulit merah adalah daging merah putih atau bercahaya. Variasi berkulit kuning hanya tersedia dalam daging putih.

Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

 

 

Loading...

Popularitasnya berasal dari banyak manfaat yang ditawarkan buah naga. Variasi kulit merah dengan daging merah menawarkan manfaat lebih dibandingkan dengan varietas kulit putih atau kuning. Meskipun sudah bertahun-tahun keberadaan buah ini, baru-baru ini saja penelitian dilakukan mengenai manfaat kesehatan buah naga. Nah, berikut ini manfaat dan beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai buah naga.

1. Buah Naga untuk penderita Diabetes Tipe 2.

Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

Statistik menunjukkan bahwa orang yang menderita diabetes akan memiliki kemungkinan peningkatan komplikasi vaskular setidaknya dua kali lipat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Sekolah Ilmu Farmasi Universiti Sains Malaysia, dan diterbitkan di Perpustakaan Nasional Obat-obatan Nasional Institut Kesehatan Nasional , buah naga, yang kaya akan antioksidan betacyanin dapat mencegah stres dan diabetes ini.

Dalam penelitian lain pada pasien dengan diabetes tipe 2 yang tidak tergantung pada insulin, menunjukkan penurunan kadar gula darah lebih dari 19% ketika diberi dosis harian 600 gm daging buah naga merah berkulit merah selama periode empat minggu.

Antioksidan flavonoid yang ada dalam buah naga daging merah bertanggung jawab atas pengurangan ini. Jika kamu menderita diabetes tipe 2, makan buah naga daging merah dapat membantu mengendalikan kadar glukosamu.

 

2. Buah Naga dapat mengurangi risiko kanker.

Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

Pigmen merah dalam buah naga daging merah kaya akan likopen, antioksidan flavonoid, dan phytoalbumin yang dapat membantu mencegah pembentukan sel kanker. Seperti yang didokumentasikan di American Institute for Cancer Research eNews, fitokimia likopen yang terdapat dalam buah naga daging merah dapat mencegah kanker prostat.

Namun, penting untuk dicatat bahwa kamu harus menjalani gaya hidup sehat dan melakukan diet anti-kanker untuk membantu meningkatkan peluang kamu mencegah kanker. Selain itu, antioksidan flavonoid juga dapat mencegah penyakit radang seperti asam urat dan radang sendi.

 

3. Buah Naga daging putih.

Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

Buah naga memiliki kadar serat larut dan larut tinggi. 100 gram buah naga segar memberi kamu 1 gram serat. Dalam bentuk kering, kandungan seratnya bahkan lebih dari 10 gram untuk setiap 100 gram buah bubuk atau kering.Serat-serat ini dapat meningkatkan sistem pencernaan, yang pada gilirannya akan mengurangi akumulasi kolesterol makanan dalam tubuh kamu.

Dalam sebuah studi klinis yang diterbitkan dalam American Journal of Applied Sciences 6 (7): edisi 1341-1346, 2009, memakan buah naga merah selama lima minggu memperlihatkan penurunan yang mengesankan pada tingkat kolesterol total.

 

4. Tindakan prebiotik Buah Naga.

Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

Berdasarkan artikel di 'Kimia Makanan' (edisi Juni 2010), serat dalam buah naga terutama terdiri dari oligosakarida. Ini tidak dicerna dalam perut tetapi bertindak sebagai prebiotik, yang membantu pertumbuhan lactobacilli dan bifidobacteria, yang merupakan bakteri sehat. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, mikroorganisme ini akan membantu pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. 

Dalam 100 g buah naga menghasilkan hampir 2,0 g protein dan 9 g karbohidrat, masing-masing sekitar 3% dan 4% dari nilai harian yang direkomendasikan. Pitaya juga sangat rendah kalori hanya 60 kalori, yaitu sekitar 3% dari nilai harian. Ini adalah berita bagus jika kamu mengikuti program manajemen berat badan.

 

5. Vitamin & Mineral dalam Buah Naga.

Buah naga memiliki dosis tinggi Vitamin C di mana 100 gram buah memberikan 500 mg Vitamin C. Buah naga juga mengandung Vitamin A, B1, dan E, tetapi dalam jumlah yang lebih kecil.

Kandungan mineral dalam buah naga termasuk dosis kalium, magnesium, seng, dan fosfor yang baik. Dalam jumlah yang lebih kecil, ia mengandung kalsium, besi, dan tembaga. Dengan semua manfaat nutrisi ini, buah naga bisa menjadi makanan lengkap sendiri.

 

6. Fakta gizi Buah Naga.

- Nutrisi Nilai Gizi per 100g, Keuntungan sehat Protein 2,0 g untuk membangun dan memperbaiki jaringan, membuat hormon, enzim dan membantu tubuh melepaskan energi.

- Kalsium 5.7mg untuk tulang yang kuat dan sehat.

- Kalium 57mg, membantu metabolisme karbohidrat, & mengatur tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular.

- Magnesium 28mg, mengatur suhu tubuh, detoksifikasi, produksi energi.

- Asam askorbat (Vit C) 500mg, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyembuhkan memar dan luka lebih cepat.

- Vitamin E 106 ug, perlindungan terhadap racun, menipiskan darah & membantu perawatan kulit dan rambut.

- Fosfor 23mg, untuk pembentukan jaringan.

- Retinol (Vit A) 20 ug, untuk detoksifikasi tubuh, kesehatan kulit dan meningkatkan penglihatan malam.

- Besi 3.4mg, untuk produksi sel darah merah & untuk energi tubuh.

- Tembaga 31 ug, untuk tulang, jaringan & kelenjar tiroid yang sehat.

- Seng 14mg, meningkatkan fungsi otak & mengendalikan nafsu makan.

- Tiamin (Vit B1) 48,9 ug, membantu dalam produksi energi serta memetabolisme karbohidrat.

- Likopen 14,35 mg, membantu menjaga kesehatan tubuh dan melindungi dari kerusakan berbahaya yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

7. Buah Naga dan kehamilan.

Makan buah-buahan selama kehamilan adalah kebiasaan yang baik dan buah naga merah dengan segala kekayaan vitamin, mineral, serat dan asam lemak akan bermanfaat bagi wanita hamil dan bayinya yang belum lahir.

Di antara banyak manfaatnya adalah kandungan zat besinya yang akan membantu permintaan wanita hamil akan zat besi. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan anemia. Ini juga mengandung folat, yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

Makanlah ketika masih segar atau campurkan bagian sebagai campuran salad buah kamu atau sebagai jus atau smoothie.

 

8. Rasa Buah Naga.

Buah naga terlihat unik dan eksotis tetapi rasanya bisa hambar dan tidak menarik. Tidak berapi-api dan intens tidak seperti namanya, namun variasi daging merah lebih manis.

 

9. Biji Buah Naga mengandung Omega-3 & Omega-9.

Dagingnya memiliki tekstur yang bagus dengan biji-biji kecil di seluruh, seperti buah kiwi. Jangan bingung oleh biji kecil ini karena bisa dimakan dan bergizi. Benih mengandung minyak alami dan asam lemak dalam bentuk asam linoleat dan asam oleat (Omega-3 dan Omega-9), yang berguna untuk kesehatan jantung kamu.

 

10. Cara makan Buah Naga.

Kamu dapat memotongnya menjadi dua dan menyendoknya atau memotong menjadi empat bagian, lepaskan kulitnya dan sajikan di atas piring. Rasanya lebih enak jika dingin. Beberapa orang akan menambahkan sedikit jus jeruk nipis untuk menambah rasa. Atau kamu bisa memotongnya menjadi kubus dan menyajikannya sebagai bagian dari salad buah campuran kamu.

Kamu tidak memakan kulit buah naga tetapi di beberapa negara Asia Tenggara, kulitnya diasinkan dan dimakan baik sendiri atau sebagai salad. Berdasarkan studi oleh Fakultas Teknik Kimia dan Sumber Daya Alam, kulit atau kulitnya sebenarnya kaya akan flavonoid, yang bagus untuk efek anti-inflamasi, anti-tumor, dan anti-virus.

 

11. Cara memilih Buah Naga yang masak.

Buah naga biasanya dipetik matang dan siap dimakan. Jika kamu menekannya dengan ibu jari dan memberi sedikit tekanan, itu sangat cocok untuk makan. Jika terlalu lunak, maka sudah terlalu matang dan dagingnya mungkin terlalu berair. Jika sangat keras, maka kamu perlu mengistirahatkannya selama beberapa hari agar matang.

Jangan menyimpannya terlalu lama, karena akan terlalu lunak. Jika kamu belum siap untuk memakannya, taruh di lemari es, itu akan baik-baik saja selama seminggu atau lebih.

Buah naga yang tidak memiliki cacat biasanya dihargai lebih tinggi. Saya menemukan kualitas dan rasa daging buah naga dari mereka yang dengan dan tanpa cacat tidak berbeda. Jadi, hematlah uangmu!

Tapi jangan membeli jika terlalu banyak noda atau bercak karena terlalu matang. Tanda lain dari buah naga yang terlalu matang adalah ujung daunnya yang kering dan berwarna coklat.

 

12. Buah Naga Kulit Kuning atau Pitaya Kuning.

Mudah dijumpai, ini segudang manfaat dari Buah Naga

Buahnya lebih kecil, tetapi rasanya lebih manis. Cara memakan buah ini mirip dengan sepupunya yang berkulit merah dan karena lebih manis. Yellow Pitaya membuat minuman jus yang lebih baik.

Buah Naga berkulit kuning adalah tanaman asli dari bagian utara Amerika Selatan dan belum umum tumbuh di Asia Tenggara tropis.

 

13. Daging Buah Naga Merah lebih baik.

Berdasarkan penelitian dan penelitian yang disebutkan sebelumnya, daging merah, buah naga berkulit merah dengan kandungan antioksidan yang lebih tinggi dan pigmen merah, yang memiliki lypopene, flavanoid dan phytoalbumin, memiliki sifat terapi yang lebih baik dan karenanya, adalah varietas buah naga untuk dikonsumsi.

Walaupun harganya sedikit lebih mahal, namun lebih manis dan lebih baik untuk kesehatan kita. Berhati-hatilah saat kamu memakan daging merah ini, karena buah naga berkulit merah punya pigmen merah yang dapat menodai pakaianmu.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red