×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Monumen Simpang Lima Gumul, ikon Kota Kediri yang memesona

0

Jalan-Jalan

Monumen Simpang Lima Gumul, ikon Kota Kediri yang memesona

Foto: Kinerja Aktif dari Pixabay

Tak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk dapat melihat indahnya Arc de Triomphe. Kediri punya solusinya!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Amelia Fernanda

03 / 12 / 2019 13:40

Satu hal yang sering ditanyakan orang setelah saya mengatakan berasal dari Kediri adalah ”Oh yang ada simpang lima ya itu?” Saya pun tersenyum. Bangga rasanya ada satu ikon dari Kediri yang dikenal banyak orang.

Monumen Simpang Lima Gumul. Demikian nama 'Arc de Triomphe' ala Kediri yang berdiri gagah tepat di tengah-tengah Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur ini. Untuk sampai ke sana hanya membutuhkan waktu sekitar lima belas menit dari pusat kota.

Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) berada di pusat persimpangan jalur lima arah menuju Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren, dan Menang. Lokasi ini secara administratif merupakan bagian dari Desa Tugurejo, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Strukturnya dibangun sejak tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008 oleh Bupati Kediri.

Monumen SLG memiliki tinggi 25 meter dan luas 804 meter persegi. Angka-angka itu sendiri merujuk pada hari jadi Kediri, yaitu tanggal 25 Maret tahun 804 Masehi. 

Pada bangunan yang terdiri dari 6 lantai (tingkat) ini terdapat terdapat patung Arca Ganesha yang merupakan dewa pujaan umat Hindu sebagai Dewa Kebijaksanaan, Dewa Pengetahuan, Dewa pelindung, Dewa Kecerdasan, dan Dewa Penolak Bala.

Loading...

Di sisi bangunan juga terdapat ukiran relief yang menceritakan sejarah Kediri, kebudayaan dan sekaligus tentang keseniannya. Terdapat sekitar 16 gambar di sisi Monumen Simpang Lima Gumul, sembilan di antaranya merupakan gambar yang mempunyai makna kebudayaan dan kesenian Kota Kediri yang masih digunakan saat ini. 

Sedangkan di dalam bangunan ini terdapat ruang pertemuan yang sering dipakai, ruang serbaguna, dan minimarket menyediakan berbagai barang-barang souvenir untuk dijadikan oleh-oleh wisata khas Kediri. Yang lebih unik lagi, untuk menuju Monumen Simpang Lima Gumul terdapat jalan bawah tanah yang terdiri dari 3 akses jalan. 

Monumen Simpang Lima populer sebagai objek wisata murah meriah bagi warga Kediri dan sekitarnya. Pelatarannya tak pernah sepi pengunjung. Ada yang memilih untuk bersantai sembari piknik tipis-tipis, ada pula yang jeprat-jepret foto demi unggahan fotogenik di Instagram.

Nah, buat kamu yang memiliki kesempatan untuk mengunjungi Kediri, maka tak lengkap rasanya bila belum berkunjung ke Monumen Simpang Lima Gumul ini.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red