Perusahaan televisi satelit dan kabel Amerika Serikat, USA Networks, mengumumkan secara resmi penayangan perdana film seri yang mengangkat misteri pembunuhan terbesar dalam dunia musik pada hari Selasa (26/02/2018) waktu setempat.

Unsolved: The Murders of Tupac and the Notorious B.I.G, merupakan film seri 10 episode yang menceritakan kematian tragis rapper ikonik Tupac Shakur yang terjadi pada 13 September 1996 dan kematian Christopher 'Notorious B.I.G' Wallace pada 9 Maret 1997. Kedua pembunuhan rapper populer itu diduga saling berhubungan.

Materi Unsolved: The Murders of Tupac and the Notorious B.I.G sendiri terbagi menjadi tiga narasi paralel yang terpisah. Narasi pertama menceritakan kejadian-kejadian sebelum peristiwa penembakan. Narasi kedua menceritakan saat hari penembakan, sementara narasi ketiga berkisah tentang upaya penyelidikan pihak kepolisan.

Misteri pembunuhan Tupac Shakur dan Notorious BIG dibikin film

Marcc Rose berperan sebagai karakter Tupac Shakur/USANETWORKS


Karakter Tupac Shakur dalam serial Unsolved: The Murders of Tupac and the Notorious B.I.G diperankan oleh Marcc Rose. Rose, sebelumnya pernah memainkan karakter Tupac secara singkat pada film Straight Outta Compton (2015). Dia dipilih karena kemiripan fisiknya. Sementara Wavvy Jones, akan bertindak sebagai Christopher 'Notorious B.I.G' Wallace.

Satu hal lagi yang menarik, aktor kawakan Josh Duhamel (Transformers) bakal menjadi detektif LAPD Greg Kading. Duhamel, memiliki banyak pengalaman peran sebagai detektif untuk dibagikan. Bahkan, ia mengaku dirinya juga sama antusiasnya dengan kru yang lain.

"Anda harus mengerti siapa orang-orang ini dan dari mana asalnya?" katanya. "Bukan hanya Crip, itu adalah Southside Crip atau Piru Mob. Seperti, apa itu Piru Mob? Saya tidak tahu apa itu dan apakah itu bagian dari Bloods. Ini adalah sub-geng dari geng dan kemudian ada sub-geng sub-geng lainnya. Sungguh menakjubkan bagaimana mereka bisa mengungkap hal ini dan melihatnya untuk apa sebenarnya itu," sambung Duhamel.

Misteri pembunuhan Tupac Shakur dan Notorious BIG dibikin film

Josh Duhamel akan memainkan detektif LAPD Greg Kading/TURITMO.COM


Sementara itu, Produser eksekutif film Unsolved: The Murders of Tupac and the Notorious B.I.G, Kyle Long mengakui, dia sangat terobsesi dengan kisah kematian tragis dua rapper kondang itu, sejak dirinya pindah ke Los Angeles sekitar 20 tahun yang lalu. Ketika itu, dia mendapat pekerjaan di samping Museum Otomotif Petersen, tempat Notorious BIG terbunuh.

Long, dalam sebuah wawancara dengan Billboard menjelaskan, dia telah membaca semua buku dan melihat semua film dokumenter tentang dua kasus pembunuhan rapper tersebut. Namun, dia tertarik dengan Los Angles Police Department (LAPD) yang membuka kembali kasus tersebut pada tahun 2006. Di sana lah Long bertemu detektif Greg Kading. Setelah berbicara dengan Kading, Long menemukan cara terbaik untuk mengisahkan dua kasus pembunuhan rapper terkenal itu.

"Saya rasa saya tahu banyak tentang hal ini seperti orang lain," kata Long. "Saya selalu memikirkannya, terus-menerus bertemu orang baru yang memiliki beberapa cerita menarik. Itu pasti membuat saya terjaga di malam hari."

Misteri pembunuhan Tupac Shakur dan Notorious BIG dibikin film

West Coast Vs East Coast. Tupac Shakur Vs Notorious BIG/2PACLEGACY.NET


Tupac Shakur berusia 25 tahun saat meninggal sementara Chrisptopher 'Notorious BIG' Wallace wafat pada usia 24 tahun. Ketika meninggal, keduanya tengah menikmati sekaligus terbebani oleh ketenaran mereka.

Sekilas tentang kisah Tupac Shakur dan Christopher 'Notorious B.I.G' Wallace, keduanya merupakan icon rap di wilayahnya masing-masing. Shakur menguasai West Coast Hip Hop sementara Notorious BIG merajai East Coast Hip Hop. Spekulasi berhembus jika terjadi rivalitas sengit di antara keduanya.

Tupac Shakur ditembak mati sesaat setelah meninggalkan pertandingan tinju antara Bruce Seldon vs. Mike Tyson di MGM Grand Las Vegas, Nevada pada 13 September 1996. Enam bulan kemudian, tepatnya pada 9 Maret 1997, giliran Notorious BIG yang ditembak mati sesaat dia bersama rombongannya meninggalkan sebuah pesta. Ketika itu, Notorious BIG sedang mempromosikan album keduanya Life After Death di Los Angeles yang notabene kawasan West Coast Hip Hop.

Apakah dua pembunuhan tersebut saling berhubungan. Apakah kasus kematian tragis dua rapper tersohor itu terkait rivalitas di dunia musik rap? Menarik untuk diikuti bukan?