"Missed Call Misterius Dari Nomor Luar Negeri" Beberapa warga dari berbagai daerah di Indonesia mendapat telepon dari nomor internasional.

Dilansir Detik.com beberapa pengakuan korban pengakuan korban, Imam, warga depok, mendapat missed call dari nomor telepon +621345176837 pada jumat (30/3/2018) malam sekitar pukul 21.00 WIB. dari kodenya, panggilan berasa dari Madagaskar. Merasa heran, Imam memutuskan tidak mengangkat telepon.

Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia. Di beberapa negara lain juga mengahadapi fenomena yang samaSeperti dilansirabc.net.au, sejumlah warga Australia ternyata mengeluhkan hal yang sama pada Februari 2018, panggilan telepon misterius dari nomor internasional yang berujungmissed call. Saat itu, warga Australia melapor dapatmissed calldari nomor Papua Nugini, Kongo, Slovenia, hingga Belgia.

"Ini adalah penipuan telepon premium. Mereka menelepon Anda, membiarkan telepon berdering 1 kali dan mematikannya. Mereka melakukan itu berulang kali agar Anda menelepon balik," kata Komisi Kompetisi Usaha dan Konsumen Australia Delia Rickard seperti dilansir dariABC.

Missed call misterius dari luar negeri adalah kedok penipuan dengan cara mengharapkan 'korban' menelepon balik dengan cara itu tagihan telepon 'korban' akan membengkak dan tagihan sebagian besar itu akan masuk kekantong pelaku yang menelepon tersebut.

Calgary Better Business Bureau (BBB) menyebut fenomena itu adalah penipuan bernama Wangiri.Wangiriadalah kata dalam bahasa Jepang, yang berarti 'sekali dering dan tutup'.

ARPCE menyebut para penipu biasanya mendapat nomor telepon korban dari informasi yang diberikan korban saat melakukansign upuntuk aplikasi atau kontes secaraonline.

Dengan adanya fenomena ini pengguna telepon diajak untuk lebih bijak mengguanakan telepon genggam (Sosial Media,nomor telepon, dll) serta dihimbau untuk lebih berhati - hati dalam menerima panggilan (nomor luar negeri) dari nomor yang tidak dikenal.