Minuman susu fragmentasi atau biasa dikenal dengan yogurt memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh. Kandungan bakteri yang terkandung dalam yogurt bagus untuk pencernaan, menurunkan risiko obesitas, mencegah penyakit jantung hingga berperan sebagai antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Minum yogurt saat perut kosong berbahaya, ini penjelasannya

foto: 101cookbooks.com

Yogurt memiliki sifat antimutagen dan antikarsinogen, bakteri asam laktat yang terkandung dalam yogurt terbukti dapat menurunkan risiko kanker dan mengendalikan tingkat serum kolesterol dalam darah. Bakteri asam laktat memproduksi protein bakteriosin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri lain.

Minum yogurt saat perut kosong berbahaya, ini penjelasannya

foto: earthtimes.org

Walapupun yogurt memiliki banyak manfaat bukan berarti bisa dikonsumsi saat perut kosong apa lagi penderita maag. Karena rasa asam yang terkandung pada yogurt dapat membentuk asam klorida dalam tubuh. Hal ini akan membunuh asam laktat yang ada dalam produk susu ini menyebabkan keasaman.

Jika perut sudah mengalami keasaman maka dapat merusak lambung dan usus. Sebab, lambung dan usus tidak bisa langsung mencerna makanan asam saat sedang kosong. Gangguan perut seperti nyeri atau sakit pun tak bisa terhindarkan.