Brilio.net - Pernah mendengar prosedur medis yang disebut transplantasi jantung? Bagi seorang penderita penyakit jantung, langkah tersebut jadi usaha terakhir yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesehatan pasien.

Transplantasi jantung sendiri adalah proses mengganti jantung yang sudah tidak bekerja secara optimal dengan jantung yang lebih baik dari orang lain (donor).

Tak banyak orang yang bisa dan mau mendonorkan jantungnya. Biasanya donor jantung berasal dari orang yang baru meninggal namun kondisi jantungnya masih bekerja optimal. Setelah calon pasien menjalani proses jantung diharapkan kondisi kesehatannya membaik dengan adanya jantung baru.

Nah, berikut ini brilio.net kumpulkan dari berbagai sumber, Sabtu (16/9), orang-orang yang pernah menerima jantung baru dari donor.

1. Andrew Jones, seorang model fitnes yang terlahir dengan kondisi memiliki irama detak jantungnya tak teratur. Untuk menjaga agar bisa tetap hidup, Jones perlu jantung bawaaan yang setiap hari harus ia bawa di dalam tas pinggang. Sampai akhirnya tahun 2016 lalu, ia berkesempatan mendapat jantung baru dari donor.

Loading...

pasien jantung © 2017 Instagram

foto: Instagram/@fitnesswithaj

2. Erik Rodriguez yang mendapatkan kesempatan hidup berkat jantung orang lain.

pasien jantung © 2017 Instagram

foto: Instagram/@erik_r_2.0

3. Anne Marie merupakan penyandang kelainan jantung bawaan. Foto ini diambil setahun lalu, beberapa saat sebelum ia menjalani transplantasi jantung.

pasien jantung © 2017 Instagram

foto: Instagram/@annemarie2828

4. Empat tahun lalu, pria ini mendapat jantung baru. Dan kini ia mendapatkan kesempatan hidup dan bangga menunjukkan bekas luka di dadanya.

pasien jantung © 2017 Instagram

foto: Instagram/@confessions_of_a_scorpio

5. "Tiga bulan yang lalu pada tanggal 22-23 Mei, hidup saya berubah. Saya melihat hidup dengan sudut pandang berbeda dan berpikir bagaimana untuk bisa mengubahnya lebih baik. Berpikir positif akan membuatmu waras dan transplantasi jantung akan membuat saya sehat kembali," kata Armin Muza di akun Instagram miliknya.

pasien jantung © 2017 Instagram

foto: Instagram/@armin.muza