×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Meski berbau menyengat, petai punya 10 manfaat baik bagi tubuh

0

N/A

Meski berbau menyengat, petai punya 10 manfaat baik bagi tubuh

Khasiat buah petai jauh lebih hebat dari baunya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

M faiq b.U

29 / 10 / 2019 12:25

Si hijau ini cenderung dihindari oleh banyak orang. Bukan karena tidak rasanya, tapi karena efek samping berupa aroma menyengat setelah memakannya.

Meski berbau busuk, petai atau yang biasa disebut pete adalah makanan favorit warga Indonesia. Nyatanya, tak sedikit olahan makanan yang tak sanggup berpisah dengan petai, sebut saja sambal teri, sayur lodeh, nasi goreng, balado, hingga sambal goreng.

Terlepas dari semua kontroversi penyuka dan yang tak menyukainyapetai mempunyai khasiat yang hebat bagi kesehatan manusia. Berikut ini 10 manfaat petai yang baik bagi tubuh.

1. Penenang sistem saraf.

Petai mengandung vitamin B yang cukup besar sehingga manfaat yang bisa didapatkan adalah untuk menenangkan sistem saraf. Kandungan vitamin B yang tinggi pada petai bisa membantu melemaskan sistem saraf pusat.

Loading...

Selain itu petai juga diperkaya oleh kalium yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan juga mengelola keseimbangan air tubuh manusia. Ketika merasa cemas, laju metabolisme meningkat hingga menurunkan kadar kalium.

2. Mengatasi stres.

stress

Kalium adalah mineral penting yang membantu untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika stres, kecepatan metabolisme kita meningkat sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Nah, keadaan seperti inilah yang dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

3. Perangi tekanan darah tinggi.

Kandungan kadar kalium yang tinggi tapi rendah garam atau natrium pada petai mampu memerangi tekanan darah. Karena itulah manfaat petai untuk menurunkan tekanan darah tinggi tak diragukan lagi.

Tak hanya sampai di situ, penelitian yang dilakukan Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA) menunjukkan bahwa petai juga bermanfaat untuk menghindari serangan penyakit stroke.

4. Menetralkan luka lambung.

Khasiat petai

Petai dipakai sebagai makanan untuk menjaga pencernaan dikarenakan teksturnya yang lembut serta halus. Petai hanya satu buah mentah yang dapat dimakan tanpa mengakibatkan stres di dalam sebagian masalah yang kronis. Buah ini juga dapat menetralkan asam lambung serta mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan di dalam lambung.

5. Mengurangi depresi atau stres.

Petai memiliki kandungan triptofan, yaitu senyawa protein yang akan diubah tubuh menjadi serotonin. Dengan mengonsumsi serotonin, seseorang bisa menjadi rileks dan bahagia sehingga dia terhindar dari depresi atau stres.

Sedangkan kalium yang ada pada petai menolong untuk menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, serta mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Saat stres, kecepatan metabolisme kita dapat meningkat hingga dapat mengurangi kandungan kalium di dalam tubuh. Pada keadaan ini bisa kembali diseimbangkan dengan makan petai yang tinggi kalium.

6. Mengatasi anemia.

Manfaat petai

Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai bisa merangsang produksi sel darah merah. Kandungan petai ini tentu sangat berguna untuk mengatasi anemia.

Anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin. Ketika tidak ada zat besi yang cukup dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan.

7. Mengobati sembelit.

Manfaat petai atau pete selanjutnya adalah menormalkan kembali sistem pencernaan sehingga mampu mengobati sembelit atau susah buang air besar (BAB). Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi di dalam petai. Dengan mengonsumsi petai, kamu tak perlu minum obat-obatan pencahar untuk mengatasi sembelit atau susah BAB.

8. Membantu berhenti merokok.

Manfaat pete

Petai bisa mendorong orang yang ingin berhenti merokok. Inilah salah satu manfaat yang jarang diketahui khalayak ramai. Vitamin B6 serta B12 yang dikandungnya, berbarengan dengan kalium serta magnesium, menolong tubuh cepat pulih dari dampak kecanduan nikotin.

9. Anti kanker.

Beberapa penelitian menemukan bahwa selain vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, ekstrak petai juga mengandung flavonoid, polyphenol, dan phytosterol.

Ketiga kandungan tersebut menunjukkan manfaat petai lainnya sebagai antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi. Jika ditambah dengan kandungan asam thiazolidine-4-carboxylic di dalamnya, maka berarti petai juga memiliki manfaat sebagai anti-kanker.

10. Memperbaiki mood saat PMS (Premenstrual Syndrome).

Manfaat pete bagi tubuh

Khasiat makan petai atau pete berikutnya adalah memperbaiki mood saat PMS. Kandungan vitamin B6 di dalam petai mampu mengatur kadar gula darah sehingga dapat membantu memperbaiki mood saat PMS. Dengan begitu, saat mengalami PMS kamu tidak perlu lagi mengonsumsi obat atau jamu khusus. Cukup makan dengan petai, mood kamu akan segera membaik.

Penting diperhatikan.

Petai memang mengandung banyak vitamin dan senyawa lainnya yang baik bagi tubuh. Namun, mengonsumsi petai secara berlebihan akan mengakibatkan gagal ginjal dan asam urat. Mengingat penelitian manfaat petai ini masih sangat sedikit. Sehingga di balik potensinya sebagai tanaman pengobatan herba, petai tetap harus dikonsumsi secara bijaksana.

Semoga bermanfaat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red