×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengitari kemegahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

0

Jalan-Jalan

Mengitari kemegahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

Kawasan perkantoran pemerintahan Kabupaten Badung, Bali ini tampak indah bagai istana.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

I Putu Yogiarsa

05 / 10 / 2021 14:13

Sudah pernahkah kamu melihat atau datang langsung ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung atau yang kini dikenal dengan sebutan Mangupura?

Jika belum pernah, ada fakta menarik yang bisa kamu ketahui mengenai megahnya kawasan pemerintahan ini. Semenjak 16 November 2009, Mangupura berdiri di atas lahan hijau seluas total kurang lebih 46 hektar yang terletak di Kecamatan Mengwi. Di dalam area inilah khusus didirikan gedung-gedung pemerintahan daerah Badung untuk melaksanakan pelayanan kepada masyarakat.

Mengitari kemegahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

Begitu akan masuk melalui pintu utamanya, masyarakat akan disambut oleh taman luas dan gerbang gapura yang sangat besar setinggi 15 meter dengan bergaya ornamen ukiran khas Bali. Sepanjang perjalanan menuju lokasi gedung kantor dan pelayanan, kamu akan melihat sawah hijau yang menyejukkan mata.

Mengitari kemegahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

Loading...

Gedung besar utama yang pertama akan menyambut kamu adalah indahnya gedung Kantor Bupati Badung yang terdiri dari satu gedung utama besar dan didampingi dua gedung lainnya. Tidak hanya kantor pemimpin dari Kabupaten Badung saja, di seberang gedung ini terdapat taman indah dikelilingi kolam, lengkap dengan balai-balai kecil untuk bersantai menikmati pemandangan. Taman ini kerap digunakan untuk pentas kesenian dan acara-acara besar lainnya.

Mengitari kemegahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

Dalam wilayah ini terdapat 30 gedung utama kedinasan dan lainnya yang mempunyai ciri khas desain yang seragam sehingga tampak selaras dan serasi. Terdapat satu gedung besar sebagai mal pelayanan publik di mana berfungsi sebagai one stop service terintegrasi. Bak interior shopping mall sungguhan, banyak berjajar berbagai loket-loket yang memenuhi pelayannan kepengurusan administrasi. Terdapat lounge dengan sofa nyaman, mesin pembuat kopi, serta para petugas ramah yang siap membantu. Saat masuk ke sana kamu akan merasa seperti sedang berada di bandara sebagai pelanggan VIP.

Mengitari kemegahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

Juga termasuk satu rumah dinas Bupati dan satu rumah dinas Wakil Bupati Badung. Rumah dinas ini cukup luas, terletak berdampingan, dilengkapi fasilitas yang memadai, bergaya vila modern namun tetap bernuansa ciri khas Bali. Selain agar pejabat penghuninya dapat dengan cepat menuju kantor dan melaksanakan tugas, rumah dinas biasa digunakan untuk pertemuan bersama masyarakat yang berkepentingan bertemu langsung dengan pemimpin Kabupaten Badung.

Mengitari kemegahan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung

Yang paling menarik, ada satu gedung paling besar, mewah, dan megah. Bangunan tersebut adalah Balai Budaya Giri Nata Mandala yang pembangunannya selesai tahun 2019 serta menelan biaya pembangunan lebih dari Rp 388 miliar. Angka tersebut menjadikan gedung ini sebagai gedung pemerintah dengan biaya pembangunan tertinggi di antara seluruh pemerintah daerah kabupaten.

Dengan nilai yang fantastis tersebut, gedung itu sudah tentu diimbangi dengan fasilitas yang tidak sedikit. Gedung tiga lantai dengan satu basement ini menyediakan satu panggung utama berisi 2.500 kursi, dengan total dapat menampung 10.000 orang di dalamnya. Interior dan eksteriornya tidak kalah dengan penampilan hotel bintang lima. Selain itu juga terdapat fasilitas-fasilitas seperti lift, ruang VIP, dan juga panggung outdoor. Setahun sekali akan diadakan lomba pentas budaya antar sekolah dan sanggar budaya di balai ini. Di mana hal itu menjadi daya tarik tetap yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi dan melihat langsung megahnya kawasan ini, kabar baiknya kawasan ini dibuka untuk kunjungan umum bahkan jika kamu tidak punya keperluan pelayanan publik dari dinas setempat. Silakan datang dan kunjungi kapan saja kamu menginginkannya.

Pada hari normal—saat pagi atau sore—masyarakat memanfaatkan fasilitas ini untuk olahraga dan rekreasi. Akses jalan paving yang lebar nyaman digunakan untuk jalan santai, bahkan pemerintah juga menyediakan taman bermain bagi anak-anak. Setiap beberapa waktu, pemerintah juga menggelar hiburan seperti senam, kesenian gamelan, dan pertunjukan drama yang bisa dilihat oleh semua orang. Semua fasilitas itu disediakan gratis oleh pemerintah Kabupaten Badung untuk semua masyarakat.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red