Buat kamu yang tumbuh di era 90an pasti tidak asing dengan serial Tv yang satu ini. Charmed, serial yang dulu tayang di SCTV ini mulai tayang di Amerika Serikat sejak tahun 1998 dan berhasil bertahan hingga season finale di tahun 2006. Mengisahkan tentang 3 bersaudari yang tiba-tiba menemukan sebuah buku tua yang mengubah mereka menjadi seorang penyihir. Kini di negara asalnya, serial ini sedang di buat versi Reboot nya. Walaupun para pemain asli dan para fans setia serial ini gak happy sama kabar ini karena para fans dan pemain lebih berharap ada serial reunion ketimbang merubah cerita dengan versi baru dan tokoh-tokoh baru. Toh stasiun Tv yang akan menayangkan serial Rebootnya tetep kekeuh membuat versi baru dari serial ini dengan karakter baru dan cerita baru. Bahkan beberapa pemain barunya nanti sudah terpilih memerankan para penyihir cantik ini.

Alkisah ada sebuah keluarga yang terdiri dari 3 bersaudari Prue Halliwell,Piper Haliwell dan Phoebe Haliwell. Mereka tinggal di sebuah rumah besar yang sudah ditempati turun temurun oleh keluarga mereka. Mereka secara tidak sengaja menemukan sebuah buku sihir supertebal di ruang atap mereka. Buku itu bernama The Book Of Shadow, Yang tiba-tiba ketika membacanya mereka langsung mendapat kekuatan sihir. Dalam perjalannya ternyata terungkap kalau mereka adalah keturunan penyihir dari nenek moyang mereka temurun hingga kekuatan itu mendarat di dalam diri the Halliwell sisters dan mereka bertugas melawan para penyihir jahat yang berusaha memusnahkan kekuatan sihir baik yang dimiliki ketiga bersaudari itu. Dalam menjalankan tugasnya mereka kesulitan menjalankan profesi baru ini dengan kegiatan sehari-hari mereka. Kekompakan dan rasa kasih sayang mereka juga sering di uji. Untung kemampuan baru mereka ini membuat mereka semakin kompak dan saling melindungi. Sayang dalam salah satu aksi mereka. Kakak tertua Prue tewas di tangan iblis jahat yang menyerang mereka. Kematian prue ini membuat kekuatan mereka bertiga tidak dapat sempurna. Kekuatan yang jika disatukan di sebut The Power Of Three ini kini hanya di jalankan minus prue. Kemudian terungkap jika mereka memiliki salah seorang saudari lagi. Si adik yang hilang Paige kemudian bergabung dan formasi The Power Of Three ini kembali kuat.

Nah sebelum menonton serial Reboot nya nanti, mari mengenang kejayaan serial ini di masa lalu dengan tokoh-tokohnya yang cantik dan kuat.

1. Prudence Halliwell (Prue)

Mengenang para penyihir cantik di serial televisi CHARMED

Prue adalah anak tertua di antara 3 bersaudara ini, memiliki kekuatan telekinetis dan di percaya dialah yang paling kuat diantara semuanya. Sebagai anak tertua, Prue sangat protektif dan sensitif. Bahkan terkesan kaku, namun prue sangat menyayangi adik-adiknya. Sepeninggal ibu mereka yang tewas di tangan penyihir jahat ketika mereka masih anak-anak. Ditambah ayahnya memilih untuk meninggalkan rumah karena tidak terlalu di terima baik oleh nenek mereka yang juga seorang penyihir. Otomatis prue menjadi orang tua pengganti bagi adik-adiknya. Apalagi menjelang dewasa nenek mereka juga meninggal dunia.

Sayang di akhir season ke 3 Prue di ceritakan tewas oleh iblis yang sangat kuat dengan satu serangan. Ia kemudian di gantikan oleh adik mereka yang hilang, Paige. Yang mana paige ini adalah hasil hubungannya sang ibu dengan Whitelighter.

Prue di perankan apik oleh Shannen Doherty yang dikenal disini melalui peran Brenda di Serial Beverly Hills 90210. Shannen hanya memerankan serial ini selama 3 season saja, Konon karena perselisihan dengan sesama aktris lainnya Alyssa Milano pemeran si adik bungsu Phoebe yang menyebabkan Shannen memilih mengundurkan diri.

2. Piper Halliwell

Mengenang para penyihir cantik di serial televisi CHARMED

Piper si anak tengah, selalu menjadi penengah antara prue dan phoebe. Mempunyai kekuatan menghentikan waktu atau membekukan keadaan sekitarnya dengan sekali ayunan tangan. Piper yang paling keibuan di balik ke dua saudarinya, Hobinya memasak membuatnya ingin menjadi seorang cheft. Piper kemudian menikah dengan Whitelighter nya yang bernama Leo. Ia juga kemudian mendirikan club malam sendiri yang bernama P3. Sepeninggal prue, Piper otomatis menjadi anak pertama. Awalnya ia sulit menerima kepergian prue dan kesulitan menerima Paige. Akhirnya ia bisa mengendalikan dirinya, kepribadiannya juga kemudian sedikit berubah. Piper menjadi sedikit sarkastik, berlidah tajam dan cerewet. Kekuatannya kemudian berkembang dan memiliki kekuatan baru yaitu meledakan objek apapun dengan sekali ayunan tangan.

Piper di perankan oleh aktris Holly Marie Combs, Holly mendapat peran ini karena sahabatnya Shannen doherty yang mengajaknya untuk bergabung. Ia bertahan dengan perannya hingga season finale.

3. Phoebe Halliwell

Mengenang para penyihir cantik di serial televisi CHARMED

Phoebe adalah anak terakhir atau si bungsu, Menjadi anak yang tumbuh tanpa kehadiran orang tua menjadikannya sosok pemberontak. Semasa sekolahnya nya di habiskan dengan hura-hura, mencuri di mall, dan bolos. Ia kemudian berubah menjadi sosok yang lebih bertanggung jawab setelah menjadi penyihir, bahkan melanjutkan kuliahnya yang ia tinggalkan untuk kabur ke newyork. Phoebe memiliki kekuatan dapat melihat ke masa depan. Berbeda dengan kedua kakaknya, phoebe tidak bisa mengendalikan kekuatan ini. Namun ialah yang paling excited saat mengetahui mereka bertiga adalah penyihir baik terkuat di bumi. Tak ayal ia sering memanfaatkan kekuatannya untuk keuntungan pribadinya yang mana itu dilarang bagi seorang penyihir. Kekuatannya kemudian berkembang, ia bisa melihat juga ke masa lalu, merasakan perasaan orang lain dan melayang. Nah kemampuan melayang ini ia bisa kombinasikan dengan kemampua bela diri yang ia pelajari setelah menjadi penyihir. Ia memiliki kisah cinta paling complicated di banding kakaknya. Pernah menjalin hubungan serius dengan manusia setengah iblis bernama cole. Hingga akhirnya di akhir season ia menemukan cinta sejatinya cupid si dewa cinta. Phoebe menjadi seorang kolumnis terkenal di kotanya setelah ia berhasil menyelesaikan kuliahnya. Sebuah rublik Ask Phoebe sengaja di buat untuknya di salah satu tabloid lokal di san fransisco. Sebuah rublik dimana ia biasa menulis tentang kehidupan percintaan.

Phoebe di perankan oleh alyssa milano, sebelumnya peran phoebe adalah aktris lori rom. Namun produser merasa tidak puas dan akhirnya memutuskan untuk mengganti pemeran Phoebe ini ke Alyssa dan melakukan syuting ulang sebelum akhirnya episode perdana ini tayang.

4. Paige Mattews

Mengenang para penyihir cantik di serial televisi CHARMED

Paige adalah anak hasil hubungan ibu the halliwell sisters dengan seorang Whitelighter bernama sam. Paige kemudian di berikan ke orang tua asuhnya untuk di besarkan dengan nama Paige Mattews. Paige pertama kali muncul dipemakaman Prue tanpa ia mengenalnya. Awalnya paige kesulitan menerima dirinya seorang penyihir dan saudari yang hilang dari Halliwell Sisters. Ia memiliki kekuatan telekinetik seperti prue. Alih alih menggerakan benda dengan pikirannya. Paige memiliki kekuatan telekinetik yang berbeda dengan prue. Ia harus menyebutkan dulu nama benda yang akan di pindahkan. Dan baru kemudian benda itu menghilang dan berpindah ke tangannya. Kekuatannya juga yang dapat membuat ia dapat berteleportasi, karena teleportasi inilah juga yang meloloskannya dari maut sewaktu kecelakaan menimpa paige yang menewaskan orang tua angkatnya. Paige yang tadinya bekerja di sebuah firma sebagai pekerja sosial kemudian mengajar di sekolah sihir. Ia juga sering terlihat membimbing para penyihir di bumi yang baru menyadari mereka memiliki kekuatan sihir.

Paige diperankan oleh Rose Mcgowan yang disini dikenal melalui perannya sebagai Tatum Riley dalam filem Scream bareng neve campbell dan drew barrymore. Pilihan rose mcgowan sepertinya pilihan yang tepat. Buktinya kehadirannya mampu memperkuat cerita dan di cintai penonton. Sekaligus mematahkan anggapan umum saat itu dimana sebuah serial tv sukses pasti akan jatuh ketika ada pergantian pemain utama.

Mengenang para penyihir cantik di serial televisi CHARMED

Selain tokoh-tokoh utama di atas, ada juga tokoh-tokoh yang setia mendampingi mereka. Ada leo Whitelighter mereka yang kemudian menikah dengan piper dan memiliki anak chris dan wyatt yang mana versi dewasanya sering mengunjungi mereka dari masa depan melalui kekuatan perjalanan waktu. Lalu ada tokoh nenek mereka yang kini menjadi roh yang lucu dan sangat memperhatikan mereka. Sosok roh ibu mereka Patricia Patty Halliwell juga sering mengunjungi mereka.

Kehadiran serial charmed melengkapi beberapa serial bertema supernatural yang sedang tayang saat itu Seperti Buffy The Vampire slayer dan Seventh Heaven. serial ini juga sempat memegang rekor dengan serial tv terlama dengan pemain utama semua wanita hingga 8 season. Sampai akhirnya rekornya di kalahkan oleh serial dengan tokoh utama semua wanita lainnya Desperate Housewives yang tayang hingga 10 season. Serial ini juga merupakan serial tv yang dibuat Aaron Spelling dengan 3 tokoh utama wanita setelah sebelumnya ia membuat serial Charlies Angels di era 70an.

Itulah rangkuman tentang serial Charmed yang dulu sempat mewarnai pertelevisian indonesia sebelum akhirnya Tv kita penuh sesak dengan sinetron striping yang makan waktu hingga tengah malam.

Lantas bagaimana dengan versi rebootnya?, masih terlalu dini untuk menjudge karena serial Rebootnya masih dalam tahap pra-produksi. Kita tunggu saja hingga serial rebootnya tayang nanti.