×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal seni hidup minimalis beserta 5 manfaatnya

0

N/A

Mengenal seni hidup minimalis beserta 5 manfaatnya

Minimalis dilakukan di seluruh aspek kehidupan dan nggak cuma soal pakaian aja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Marietta Bienamulia

30 / 07 / 2020 19:15

Minimalis menjadi gaya hidup yang mulai dikenal masyarakat dunia semenjak Marie Kondo memperkenalkan seni decluttering atau merapikan barang dan hanya mengenakan apa yang sparks joy dan menambah nilai dalam hidup kita. Decluterring pun makin sering dilakukan apalagi semenjak kita menjalani masa #stayathome. 

Namun, jangan salah kira karena decluttering tidak sama dengan minimalis. Minimalis adalah gaya hidup "cukup" yang berkelanjutan yang akan dijalani sepanjang kehidupan, sementara declutter merupakan salah satu proses/kegiatan merapikan barang-barang yang tidak memberikan nilai tambah pada hidup demi menciptakan ruang bagi hal lain. Dengan decluttering maka kita akan menemukan bahwa kita cukup hidup hanya dengan barang yang kita punya, nggak berlebihan. Minimalis dilakukan di seluruh aspek kehidupan dan nggak cuma soal pakaian aja. Yuk, kita cari tau manfaat dari hidup minimalis.

1. Lebih bahagia.

Menjalani hidup minimalis berarti kita hanya memiliki barang-barang yang benar-benar kita butuhkan dalam hidup dan membuatnya berfungsi bagaimana semestinya. Hal ini membuat kita menyadari bahwa kebahagiaan bukan diukur hanya dari materi. Meskipun minimalis, bukan berarti kita hidup merana dan tidak bisa membeli apa yang kita inginkan. Kita bisa tetap membelinya sekali-kali. Misal, tas yang sudah lama kita incar dan akan terpakai di berbagai situasi. Kita akan benar-benar bahagia dengan pilihan kita tersebut. Orang yang bahagia, kualitas hidupnya akan lebih meningkat, lho.

2. Menghemat waktu dan tempat.

Loading...

Dengan sedikit barang, merapikan menjadi lebih mudah dan rumah jadi nggak gampang berantakan karena barang-barangnya ya simpel saja. Kita pun jadi punya banyak waktu untuk melakukan mengejar hal-hal yang ingin kita capai, misalnya berkumpul bersama teman, keluarga, memulai hobi, travelling, dsb.

3. Hidup lebih hemat.

Seorang minimalis akan benar-benar memikirkan barang yang ia beli. Apakah menambah nilai dalam hidupnya, apakah barang tersebut ia butuhkan, dan menghindari pembelian impulsif. Karena melakukan conscious buying, kita jadi spend less, buy less, dan beli yang benar-benar berkualitas sehingga gak perlu gonta-ganti karena barang tersebut cepat rusak. Ketika naik gaji pun kita nggak tergoda untuk jadi hedon, justru gajinya bisa kita alokasikan ke hal yang lebih berguna.

4. Hidup lebih less stress dan fleksibel.

Terkadang dalam hidup kita dihadapkan pada berbagai macam pilihan. Mau makan apa, pergi kemana weekend ini, pakai baju apa, belanja apa, dll. Otak kita akan dipenuhi berbagai macam pikiran ini itu dan bikin kita stres. Kita punya kapasitas yang terbatas untuk memikirkan hal-hal tersebut. Makin banyak waktu yang kita habiskan untuk memutuskan, semakin sedikit energi yang kita punya.

Dengan menjadi minimalis, kita bisa mengeliminasi hal-hal yang kurang penting jadi kita gak pusing dalam membuat keputusan. Kita jadi nggak mudah overwhelmed, nggak cemas akan hal ini itu dan bisa lebih fleksibel beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

5. Membantu menjaga lingkungan.

Less buy means less waste. Tahu kan, kalau manusia menjadi penyumbang sampah dan polusi terbesar di dunia? Dengan membeli lebih sedikit, kita turut berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan yang akan kita wariskan ke anak cucu nantinya.

Jadi, siapkah kamu memulai hidup minimalis?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red