Saat ini smartphone Android merajai pasar smartphone di seluruh dunia mengalahkan iOS dan Windows Phone. Namun apakah tahu tipe smartphone apa yang pertama kali dibekali Os Android? Dilansir dari engadget.com, OS Android diciptakan oleh Andy Rubin bersama timnya sebelum diakuisisi oleh Google.

Setelah resmi diakuisisi oleh Google, Android semakin berkembang dan menjadi salah satu sistem operasi yang merajai dunia. Google sendiri tanpa ragu mengucurkan dana sekitar USD 50 juta atau sekitar Rp 500 juta pada tahun 2005 silam. Harga tersebut seakan sangat murah mengingat kini OS Android sangat sukses di pasaran.

Kemudian pada Oktober 2008 Google berkolaborasi bersama HTC untuk meluncurkan smartphone touchscreen yang menggunakan OS Android pertama di dunia bernama HTC T-Mobile G1 atau HTC Dream. Smartphone pertama Android tersebut diluncurkan di New York, Amerika Serikat.

Ini bentuk smartphone Android pertama di dunia, berisi 50 aplikasi

Setelah dipasarkan selama enam bulan, HTC T-Mobile G1 secara mengejutkan berada di posisi lima besar ponsel terlaris di Amerika Serikat. Salah satu keistimewaan dari smartphone Android adalah mampu melakukan open-source. Sehingga pemilik dapat menambahkan aplikasi serta merombak tampilan.

HTC Dream T-Mobile G1 dibekali layar seluas 3,2 inci beresolusi 320 x 480, keyboard Qwerty yang berada di balik layar serta empat tombol di bawah layar. Pada awal peluncurannya, Android Market atau Playstore hanya berisi 50 aplikasi dan belum mengenakan aplikasi berbayar seperti saat ini.

Ini bentuk smartphone Android pertama di dunia, berisi 50 aplikasi

Sedangkan untuk urusan prosesor, HTC Dream didekali Qualcomm MSM7201A 528MHz, Adreno 130, yang dipadukan dengan RAM sebesar 192 MB dan memori internal 256 MB. Selain itu juga sudah dibekali Bluetooth v2.0 serta baterai sebesar 1.150 mAh, namun tidak dilengkapi dengan jack audio. Sedangkan untuk urusan kamera, smartphone ini hanya dibekali kamera beresolusi 3 MP dengan fitur ala kadarnya.