AKB48 Caf & Shop Akihabara dibuka tanggal 29 September 2011 dengan jam operasional setiap hari dari jam 11:00 hingga 23:00 (last order jam 22:00). Sebelumnya official shop AKB48 di Akihabara disatukan di Gedung Gekijou (theater) AKB48 yang terletak di lantai 8 toko Don Quijote. Tetapi karena fans AKB48 yang mendatangi Gekijou semakin hari semakin banyak, akhirnya diputuskan untuk membuat toko khusus yang terlepas dari Gekijou.

Official shop pertama AKB48 didirikan di Harajuku dan mendapat respon yang cukup baik. AKB48 Caf & Shop Akihabara kemudian dibuat dengan memiliki gedung yang lebih besar dari official shopserupa yang sudah berdiri di daerah lain.Sebab, selain karena Akihabara menjadi homebase dari AKB48 itu sendiri, AKB48 Caf & Shop Akihabara didirikan sebagai pusat official shop AKB48 yang menawarkan pelayanan dan barang yang lebih lengkap daripada tempat lain.

AKB48 Caf & Shop Akihabara terdiri dari empat area, yaitu Theater Area, Private Roam, Cafe Area dan Shop Area. Tetapi karena terbatasnya kapasitas ruangan, tidak semua area dapat dimasuki dengan bebas sehingga membutuhkan reservasi terlebih dahulu melalui website resminya.

1.Theater Area.

Theater Area adalah area yang memungkinkan fans setiap hari menyaksikan performance AKB48 secara langsung dari Akihabara AKB48 Gekijou.Tidak hanya performance live, fans juga dapat menyaksikan berbagai tayangan spesial AKB48 yang hanya diputar di sini di waktu tertentu. Di area ini, indera penglihatan dan pendengaran fans dimanjakan dengan layar besar berukuran 136 inchi yang didukung dengan sound system yang membuat para fans merasa berada di tengah konser.

Sambil menyaksikan tayangan yang ada, para fans dapat menikmati hidangan buffet yang disediakan di area ini. Hidangan yang ditawarkan bermacam-macam jenisnya, dimulai dari hamburger, karage, potato salada, takoyaki, berbagai hidangan berat, hingga ke berbagai makanan manis pencuci mulut. Tentu saja minuman disediakan secara cuma-cuma di area ini.

Dengan berbagai fasilitas yang disediakan, area ini tidak dapat dimasuki dengan mudah karena dibutuhkan pemesanan di awal melalui website resminya terlebih dahulu, dan setiap fans yang diperbolehkan memasuki area ini diharuskan membayar entry fee sebesar 2.700 Yen. AKB48 Cafe Shop Akihabara dibuka setiap hari dari jam 11:00 hingga 23:00 waktu setempat.

2.Private Room.

Private Room merupakan area yang sering kali disebut sebagai markas rahasia. Area yang dapat memuat 16 orang ini sering kali digunakan sebagai ruang tempat para member AKB48 berkumpul saat berkunjung ke sini, dan menjadi tempat di mana mereka membubuhkan tanda tangan serta berbagai pesan di dindingnya. Jika sedang tidak digunakan, ruang ini dapat digunakan oleh para fans untuk berkumpul, membicarakan apa yang mereka sukai mengenai AKB48, dan siapa saja oshimen mereka tanpa ada gangguan dari luar. Di dalam ruangan ini disediakan berbagai DVD dan majalah AKB48 yang pernah ada sehingga para fans dapat dengan bebas membaca dan menontonnya di layar TV yang ada di ruangan ini.

Selain itu fans akan asyik di dunianya sendiri sambil melihat berbagai coretan dan tanda tangan yang ditinggalkan para member kesukaan mereka di dinding. Ruangan ini juga tidak bisa dimasuki dengan bebas karena membutuhkan persetujuan khusus dari website resmi. Ruangan ini sering kali dikatakan sebagai ruangan yang hanya bisa dimasuki oleh para fans VIP.

Keistimewaan lain yang bisa ditemukan saat menuju ke area ini adalah foto seluruh member AKB48 dari team A hingga kenkyuusei terpajang di sepanjang lorong sebelum memasuki area ini, selain terpasang juga berbagai tulisan yang memuat sejarah perkembangan AKB48.

3.Caf Area.

Caf Area merupakan area caftaria di mana para fans dapat menikmati hidangan yang konon resepnya dibuat oleh para member AKB48. Selain makanan AKB Gourmet Stadium Set, fans juga dapat menikmati berbagai makanan manis hingga permen-permen yang unik.

Melalui monitor dan TV yang ada di area ini, fans dapat menyaksikan berbagai tayangan seputar dunia AKB48, menjadi tempat yang direkomendasikan bagi fans yang ingin menikmati suasana dunia AKB48 sambil membawa teman atau keluarganya.Untuk dapat masuk ke area ini dibutuhkan reservasi di awal melalui website resmi.

4.Shop Area.

Shop Area merupakan area di mana para fans dapat membeli item oshimen mereka dan berbagai goods AKB48 yang hanya dijual di official shop ini. Fans juga dapat menemukan corner di mana fans dapat membawa pulang AKB48 Donuts yang lezat.Shop Area dapat bebas dimasuki kapan saja tanpa harus reservasi terlebih dahulu dan buka setiap hari dari jam 11:00 hingga 22:30 [takeout corner tutup jam 22:00].

Cara mudah menuju AKB48 Caf & Shop Akihabara dapat diakses dengan mudah menggunakan jalur kereta JR maupun Tokyo Metro [Tokyo Subway]. Cukup dengan melihat peta jalur kereta JR maupun Tokyo Metro, dapat dengan mudah menemukan jalur apa saja yang melalui Akihabara.

Tetapi karena AKB48 Caf & Shop yang cukup jauh dari Akihabara Station [sekitar 5-10 menit berjalan kaki], untuk mencapai tempat ini bisa juga dicapai menggunakan Tokyo Metro [Tokyo Subway] Ginza Line dan turun di Suehirocho Station. Pastikan untuk bertanya ke petugas stasiun supaya tidak salah mengambil jalan keluar dari stasiunnya.