Kebutuhan manusia kini tidak lagi hanya di seputar sandang, pangan dan papan. Saatnya menambah kebutuhan colokan sebagai kebutuhan primer karena gadget kini tidak bisa dipisahkan dari genggaman.

Benda ini merupakan hal penting karena selain banyak menyimpan kontak-kontak penting di aplikasi sosial medianya, juga menyimpan data-data pekerjaan. Namun terkadang baterai yang tiba-tiba drop seringkali mengganggu aktivitas saat menggunakan smartphone. Untuk itu kamu perlu menghemat baterai dengan cara mudah berikut ini.

Mau baterai smartphone kamu awet? Lakukan 4 langkah sederhana ini

1. Matikan Mode Getar

Meskipun sinyal getar memudahkan pengguna saat ada panggilan masuk atau notifikasi lain, tapi hal ini sebenarnya banyak menyerap daya baterai. Bahkan mode getar lebih banyak menghabiskan baterai daripada ringtone. Agar baterai hemat dan tidak terbuang sia-sia sebaiknya matikan vibrations-nya.

Mau baterai smartphone kamu awet? Lakukan 4 langkah sederhana ini

2. Minimalkan Brightness

Ada banyak faktor yang menyebabkan baterai handphone cepat habis, salah satunya adalah brightness. Untuk mengurangi konsumsi daya baterai, settinglah cahaya di layar agar tidak terlalu terang dan cukup nyaman dilihat mata. Kamu juga bisa menggunakan pengaturan adaptasi terhadap kondisi cahaya langsung dari smartphone.

Mau baterai smartphone kamu awet? Lakukan 4 langkah sederhana ini

3. Turn Off GPS

Fasilitsa GPS pada smartphone adalah untuk navigasi arah saat di perjalanan jauh. Namun, fasilitas ini dapat menghabiskan daya pada baterai. Untuk menghematnya, selama kamu tidak dalam perjalanan sebaiknya matikan fitur GPS. Turn off GPS merupakan cara terbaik untuk menjaga daya pada baterai.

Mau baterai smartphone kamu awet? Lakukan 4 langkah sederhana ini

4. Switch Off Wi-Fi dan Bluetooth

Cara menghemat baterai smartphone selanjutnya adalah dengan memperhatikan perangkat transfer antar perangkat. Hal simpel ini seringkali dilupakan oleh pengguna. Saat sedang dalam kondisi tidak diperlukan maka sebaiknya matikan saja koneksi Wi-Fi, karena jika dibiarkan hidup perangkat ini akan terus mencari koneksi Wi-Fi yang mengakibatkan berkurangnya daya baterai. Hal ini juga berlaku untuk perangkat Bluetooth yang tetap dinyalakan.