Petai atau pete merupakan pohon tahunan tropika dan tersebar luas di nusantara.Bagian petai yang biasa di konsumsi adalah bijinya. Bau yang tak sedap pada petai berasal dari kandungan asam amino tertentu yang terdapat pada biji petai.

Ini manfaat petai yang belum banyak diketahui

Walaupun begitu petai memiliki kelebihan karena kandungan gizinya. Seperti dilansir dari manfaat.co.id (retrieved 25/01/18), petai mengandung antioksidan yang dapat mengurangi kolesterol secara cepat dan rasa pahitnya dapat mengatasi diabetes.

Survei yang dilakukan oleh MIND menyebutkan ternyata penderita depresi banyak merasa lebih baik setelah mengkonsumsi petai, karena kandungan tryptophan yang diubah oleh tubuh menjadi serotonin. Zat ini yang membuat rileks dan dapat memperbaiki mood seseorang seperti dilansir dari doktersehat.com (retrieved 25/01/18).

Ini manfaat petai yang belum banyak diketahui

Menurut FDA Amerika, petai memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi tetapi rendah garam sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah seimbang, petai mampu menurunkan tekanan darah dan stroke.Namun petai tak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena berdasarkan penelitian dilansir dari detik.com(10/2/2012), hal tersebut dapat membahayakan ginjal.

Jadi, apa kamu termasuk penggemar petai?