×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Kesehatan

5 Jenis makanan yang baik kamu konsumsi saat kena deman & batuk

Tipe-tipe makanan berbeda dapat melawan berbagai tipe-tipe penyakit lho!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fikri Alfathan

15 / 05 / 2018 22:00

Hidung tersumbat, batuk-batuk, dan sakit tenggorokan adalah gejala-gejala umum seseorang yang sedang menderita demam dan flu. Beberapa makanan-makanan di bawah ini dapat membantu seseorang yang sedang menderita demam dan flu untuk meringankan hidung tersumbat dan peradangan. Selain itu, makanan-makanan ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1. Teh Herbal

Pada saat anda sedang menderita pilek dan demam, sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kondisi cairan tubuh. Teh herbal adalah minuman yang menyegarkan dan juga menghirup kehangatan tehnya dapat membantu melegakan hidung tersumbat. Menambahkan kunyit tanah pada teh herbal anda juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan yang sedang anda derita. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sebuah kunyit tanah mengandung anti radang tenggorokan dan bahan-bahan antiseptik. 

2. Madu

Sakit tenggorokan dapat diakibatkan oleh infeksi dari bakteri. Madu kaya akan antimikroba yang dapat membantu mengatasi infeksi yang terjadi di tenggorokan anda. Madu juga terbukti efektif dalam mengatasi batuk-batuk pada anak-anak, namun madu tidak boleh diberikan kepada bayi berumur dibawah 12 bulan.

3. Buah-buah sitrus dan buah-buah beri

Buah sitrus seperti buah jeruk, buah lemon, dan buah anggur kaya akan kandungan flavonoid dan Vitamin C. Komponen-komponen ini dapat mengatasi peradangan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang artinya buah-buahan ini dapat membantu dalam mengatasi demam.

4. Bawang Putih

Bawang putih telah terbukti dapat mencegah pilek bila dikonsumsi secara teratur. Ini dikarenakan bawang putih mengandung komponen-komponen yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi bawang putih ketika sedang menderita pilek sangat dianjurkan entah mengkonsumsinya secara mentah atau dicampur dengan makanan lainnya.

5. Ikan

Mengkonsumsi daging ikan ketika sedang menderita demam sangat dianjurkan karena ikan kaya akan lemak omega-3. Komponen-komponen ini dapat mengurangi peradangan pada tenggorokan dan dapat mencegah sistem kekebalan tubuh anda berfungsi tidak baik.

Makanan-Makanan yang Harus Dihindari

1. Produk Susu

Makanan-makanan yang terbuat dari susu sapi dipercaya oleh banyak orang dapat menambah produksi lendir, walaupun sebenarnya nyaris tidak ada bukti ilmiah yang membuat statemen tersebut benar. Namun, produk-produk susu dapat membuat lendir menjadi lebih kental.

2. Kafein

Kafein dapat menyebabkan dehidrasi yang akan membuat hidung tersumbat terasa lebih tidak nyaman. Namun, beberapa minuman berkafein seperti teh dan kopi mengandung antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh.




Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE