Bagi wanita, rambut merupakan mahkota. Memiliki rambut sehat, berkilau, kuat, bercahaya adalah dambaan.Namun ternyata, ada kebiasaan yang nggak kamu sadari bikin rambutmu rusak. Apa aja? Cek berikut ini, yuk!

1. Menguncir Rambut Ketika Masih Basah

5 Kebiasaan yang nggak kamu sadari bisa merusak rambut, duh!

source: Dreamstime.com

Rutinitas pagi hari yang padat dan harus segera pergi beraktivitas membuat kita tidak memiliki banyak waktu untuk mengeringkan rambut hingga benar-benar kering. Bahkan, kita juga nekat menguncirnya walau masih dalam kondisi basah. Padahal, rambut mudah rapuh ketika basah. Menguncirnya, hanya membuat rambut kamu jadi gampang rontok.

2. Keramas Terlalu Sering

Untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan rambut sehat, keramas adalah solusinya. Namun, keramas terlalu sering akan membuat rambut kehilangan minyak alami yang membuatnya menjadi kering, rusak dan mudah patah. Disarankan keramas paling banyak adalah 3 kali dalam 1 minggu.

3. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

5 Kebiasaan yang nggak kamu sadari bisa merusak rambut, duh!

source: Dreamstime.com

Kondisi rambut yang rapuh kala basah, membuatnya mudah rontok sebab akar rambut tidak kuat menahan tarikan antara kulit kepala dan sisir. Nah, makanya sebelum di sisir, pastikan bahwa rambutmu sudah kering ya.

4. Terlalu Sering Menggunakan Dry Shampoo

Menggunakan dry shampoo memang terlihat simple ketimbang shampoo biasa yang membutuhkan waktu relatif lama untuk membilas serta mengeringkan rambut. Bagi kamu yang ingin rambut bebas minyak, tidak lepek tanpa perlu ribet membasahi rambut, bilas serta rituallainnya yang dilakukan kalau keramas menggunakan shampoo biasa, tentu Dry Shampoo bisa jadi solusi agar rambut kembali bersih dalam waktu singkat. Sayangnya, penggunaan produk dry shampoo terlalu sering dan tidak diimbangi dengan mencuci rambut menggunakan shampoo biasa, akan membuat minyak di kulit kepala bercampur dengan produk dari dry shampoo sehingga folikel rambut sulit bernafas.

5. Menggosok Rambut Menggunakan Handuk Agar Kering

5 Kebiasaan yang nggak kamu sadari bisa merusak rambut, duh!

source: Dreamstime.com

Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk merupakan alternatif bagi yang tidak memiliki hair dryer di rumah. Biasanya, setelah keramas kita akan menggosok rambut ke handuk agar kering dan membungkusnya beberapa saat sambil meneruskan ritual yang lain seperti berpakaian maupun make up. Hal ini seperti sesuatu hal yang sepele dan wajar-wajar saja untuk dilakukan. Namun, siapa sangka ternyata menggosok rambut dengan handuk dan membungkusnya dapat membuat rambut menjadi rapuh dan rusak. Bahan handuk yang kasar dapat membuatnya mudah patah. Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan handuk khusus dengan bahan lebih lembut dan mengibaskan rambut kita agar rambut lekas mengering.

Nah, mulai sekarang kita stop yuk kebiasan tersebut!