Melalui pendidikan, kita dapat mengubah dunia. Melalui membaca kita dapat mencerdaskan anak bangsa. Namun, minat membaca anak Indonesia berada pada tingkat yang mengkhawatirkan dimana sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju.

Kekhawatiran tersebut membuat seorang mahasiswi UGM membuat komunitas yang menyediakan lapak baca gratis bagi masyarakat. Tujuannya, mengajak masyarakat agar lebih mau untuk membaca.

Rinanda Rizky, sebagai founder dari komunitas kumpulmatahari.id, mengaku ide membuat lapak baca buku gratis ini muncul karena melihat fenomena saat ini dimana masyarakat lebih lekat dengan gadgetnya daripada membaca buku. Menurutnya, anak-anak perlu dikenalkan dengan budaya membaca buku sejak dini. Ia mengaku bahwa buku-buku yang tersedia merupakan buku-buku miliknya dan beberapa teman sudah ada yang mau berdonasi buku.

Kegiatan komunitas kumpulmatahari.id rutin diselenggarakan tiap Sabtu sore di Alun-alun Kidul Jogjakarta. Kegiatan ini tidak dipungut biaya. Kebanyakan buku tersedia untuk anak-anak, namun ada juga beberapa buku yang disediakan bagi remaja dan dewasa. Selain itu, anak-anak juga diberikan fasilitas untuk mewarnai dan bermain puzzle.

Harapan dari founder komunitas ini yaitu agar masyarakat khususnya anak-anak bisa lebih mencintai kegiatan membaca buku dan merasakan berbagai manfaat dari hal tersebut, serta berharap semakin banyak anak-anak muda yang mau menginisiasi kegiatan-kegiatan sosial seperti ini. Wah, menginspirasi dan seru ya kegiatan kumpulmatahari.id ini!