×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lebaran di Palembang, 5 makanan ini wajib kamu coba

0

N/A

Lebaran di Palembang, 5 makanan ini wajib kamu coba

Kota Palembang punya makanan khas yang wajib kamu coba, khususnya ketika Hari Raya Idul Fitri.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Provokator Kebaikan

02 / 06 / 2019 12:31

Palembang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Selatan. Sebagai jantung provinsi, Palembang menjadi pusat jalannya pemerintahan. Mulai dari wisata hingga kuliner, semua disajikan dengan keunikan tersendiri. Kota yang terkenal dengan Jembatan Ampera dan Sungai Musi ini ternyata memiliki banyak makan khas, lho.

Bagi penikmat wisata kuliner, Kota Palembang menjadi tempat destinasi yang disukai. Sebagian dari makanan ini mungkin sudah dijual di kota-kota lain, tetapi lebih mantap lagi kalau kita langsung makan di tempat asalnya. 

Apalagi saat Lebaran tiba, tidak hanya pempek saja yang harus kamu coba. Ada beberapa menu yang tidak kalah favorit untuk dicoba. Selain kaya rasa, menu ini hanya ada di waktu-waktu tertentu, lho. Apa saja kira-kira ya? Berikut lima makanan khas Palembang saat Lebaran.

1. Pempek.

Hampir semua orang mengenal makanan yang satu ini. Menu ini adalah ciri khas dari Kota Palembang. Makanan ini terbuat dari daging ikan dan sagu, kemudian dikombinasikan dengan isi yang beragam lalu disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari campuran gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan udang ebi yang biasa disebut dengan cuko.

Loading...

2. Tekwan.

Bentuk dan sajian makanan ini hampir mirip dengan bakso. Bedanya tekwan terbuat dari ikan, lalu disajikan bersama bihun putih, dan kuah bening dengan rasa yang khas karena terbuat dari sari kepala udang serta daun bawang.

3. Engkak Ketan.

Pemanggangan engkak ketan harus selapis demi selapis. Engkak ketan menggunakan telur ayam. Satu loyang engkak ketan membutuhkan 10 telur ayam. Seperti namanya, engkak ketan juga dibuat menggunakan tepung ketan.

4. Bolu 8 jam.

Sesuai namanya, bolu ini dibuat dalam waktu delapan jam. Makanan ini populer ketika Sultan Palembang IV berkuasa. Namun sekarang makanan ini lazim dinikmati semua lapisan masyarakat. Jika kurang dari delapan jam, bolu yang dihasilkan tidak kenyal. Jika lebih, bolunya juga akan terlalu padat.

5. Maksubah.

Makanan ini merupakan kue lapis khas Palembang yang disajikan hanya pada acara-acara khusus. Menghidangkan maksubah dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada tamu. Meskipun hanya berbahan dasar telur bebek, mentega, dan gula. Pembuatan kue ini tidaklah mudah. Dibutuhkan ketelatenan saat menuang adonan. Setiap lapisan kira-kira sebanyak 250 mililiter adonan, dipanggang menggunakan pemanggang tradisional dengan panas yang sempurna.

 

 

Nah, itu dia sajian khas Palembang yang harus banget kamu coba. Mulai dari yang gurih hingga manis yang menggoda, semua dibuat dengan sepenuh hati dan filosofi tersendiri. Semoga bermanfaat yaa. Dan selamat mencoba!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red