Pertanyaan hampir seluruh orang tua didunia mempunyai pertanyaan yang sama.

Sebetulnya kapan sih waktu efektif untuk orang tua memperkenalkan gadget ke anaknya? Atau mengakses fitur pada handphone, bahkan memiliki ponsel sendiri?Apa tindakan yang harus dilakukan orang tua terhadap anak yang sudah kecanduan gadget?

Lakukan lah hal ini :

1. Melarang /mencegah anak memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun. Dan berilah pengertian secara halus kepada anak.

2. Membatasi screen time, sehingga anak mempunyai waktu lebih senggang untuk dihabiskan bersama keluarga nya.

3. Letakkan Televisi atau komputer di ruang keluarga. Sehingga setiap anak bisa menggunakannya, anak tidak akan merasa sendirian dan masih dalam pengawasan anggota keluarga lainnya.

4. Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya di meja makan, di kamar tidur, dan di mobil.

5. Membatasi jam berlaku untuk melihat televisi dan ponsel setiap hari nya. sehingga anak-anak bisa pergi tidur lebih awal dibanding anak lain.

6. Sudah umum bahwa anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, Para orang tua juga harus menjadi contoh yang baik, letakkan HP dan bermainlah bersama anak.

7.Ajaklah anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya nya. Contohnya ajaklah anak bermain di taman atau sekitar lingkungan rumah

8. Berikanlah mainan alternatif ,yang tidak ada sangkut paut nya dengan dengan gadget. Contohnya bermain Ular tangga,Monopoli,dll

9. Biarkan anak bermain di luar dengan catatan kita sebagai orang tua harus tetap mengawasi nya.

10. Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika ia berhasil menahan diri untuk tidak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Contohnya seperti mencium nya ,memberi acungan jempol, atau memberinya hadiah.

11. Ajaklah anak untuk mengenal alam sekitar nya, Contohnya melihat pemandangan sore hari saat di taman.

Menjadi orang tua sebenarnya memiliki tanggung jawab penuh terhadap tumbuh dan kembangnya sang anak, selain itu juga orang tua biasanya selalu menjadi panutan yang mana sifat dan kebiasaan yang dilakukan akan ditiru oleh sang anak. Oleh sebab itu apabila kita sebagai orang tua mendapati anak kita sudah kecanduan atau ketagihan terhadap gadget, maka kita sebagai orang tua bisa coba melakukan 11 Hal Ini Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dengan begitu, sedikit demi sedikit anak akan bisa terhindar dari bahaya atau efek negatif yang tidak di inginkan.