Namanya juga hidup, pasti ada aja masalahnya. Mulai dari tekanan dalam pekerjaan, kepenatan, stres, sering kali memupuk dan berubah menjadi energi negatif dalam diri seseorang yang akan membuatnya jadi gampang sedih. Dengan padatnya aktivitas hanya tersisa sedikit waktu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Cara alternatif pun sering kali dibutuhkan, salah satunya dengan metode self healing yang menyelaraskan antara fisik dan batin di dalam diri sendiri.

Kamu pun dapat dengan mudah melakukan metode ini, seperti cukup melakukan me time dengan mendengarkan sebuah lagu. Karena lagu bisa jadi obat yang paling manjur saat jiwa lagi gelisah. Dengan nada yang enak sampai lirik yang adem dan mendalam memang ampuh menjernihkan pikiran dan juga membawa perspektif baru. Seperti lima lagu ini sangat cocok untuk kamu dengerin.

1. Rehat (Kunto Aji).

Kunto Aji sangat respect dalam memerangi kesehatan mental. Bahkan di album keduanya yang bertajuk Mantra Mantra berisikan sembilan lagu yang mengangkat isu kesehatan mental dari pengalaman pribadinya. Dapat dikatakanRehatadalah lagu yang paling menarik dalam "Mantra Mantra". Kabarnya lagu Rehat menggunakan frekuensi 396 Hz, yang menurut penelitian bisa mengeluarkan pikiran negatif demi menyehatkan mental. Nggak heran jika lagu ini membuat pendengarnya bisa feel better dan selalu optimis.

2. Yellow (Coldplay).

Lagu ini menjadi penyemangat sang ibu vokalis Coldplay yang menderita kanker dan kulitnya jadi menguning. Melalui lagu ini Chris Martin ingin memberi tahu kepada seluruh dunia bahwa segala hal berwarna kuning itu indah. Selain memiliki pesan yang mendalam, lagu Yellow memiliki nada yang lembut dan memenangkan bikin perasaan jadi lebih tenang dan nyaman.

3. Superheroes (The Script).

Ide pembuatan lagu ini muncul berawal dari ibunya Danny, vokalis The Script yang terkena penyakit kelaikan otak, yang mengakibatkan sang ibu tidak bisa melakukan segala aktivitasnya. Lagu ini berusaha mengingatkan pendengarnya bahwa semua orang di dunia ini adalah pahlawan. Serta The Script berusaha menyadarkan kita bahwa seberat apa pun cobaan yang dihadapi kita harus kuat, terus maju, dan semakin bijak. Di samping nadanya yang enak didengar dan lirik penuh makna, lagu ini bikin kita selalu semangat.

4. Epiphany (Jin BTS).

Lagu ini mengajarkan bahwa kita harus mencintai diri kita terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain. Epiphany memiliki arti momen di mana kita tiba-tiba paham atau sadar akan sesuatu yang sangat penting bagi kita. Suara bernada tinggi yang dimiliki Jin BTS menjadikan lagu ini begitu indah, enak didengarkan, dan bikin hati jadi adem, sangat cocok untuk kamu dengerin di saat lagi penat.

5. Membasuh (Hindia feat Rara Sekar).

Lagu Membasuh menjadi sebuah jembatan untuk memberikan sedikit ketenangan dan kebahagiaan pada pendengarnya. Lirik lagu ini penuh dengan kejujuran dengan perpaduan musik minimalis yang dominan dibalut tipis dengan gitar akustik. Proses mixing dan mastering pun seadanya, sebisanya, dan secukupnya. Video klip dalam lagu ini juga menampilkan hal sederhana yang bisa membuat seseorang bahagia.