×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kota Khiva, dari Jalur Sutra hingga ditemukannya Ilmu Aljabar

0

Jalan-Jalan

Kota Khiva, dari Jalur Sutra hingga ditemukannya Ilmu Aljabar

Khiva merupakan peninggalan Kota Lama di Uzbekistan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fathur Romadlan

25 / 01 / 2019 13:25

Tidak banyak yang tahu tentang terkenalnya Kota Khiva di masa lalu. Dulu kota ini merupakan salah satu rute perdagangan Jalur Sutra sekaligus menjadi tempat lahirnya cabang matematika, aljabar. Di kota ini juga banyak tokoh-tokoh besar lahir dan belajar.

Kota yang berada di Uzbekistan ini merupakan situs warisan dunia yang penuhi dengan sisa-sisa dari istana, masjid, dan kejayaan kota yang pernah dilalui rute perdagangan Jalur Sutra.

Dengan dikelilingi oleh Padang Pasir Kyzylkum dan Karakum, tempat ini menjadi pemberhentian terakhir para pedagang untuk menuju Iran. Tidak hanya tergambar dalam sejarah, bangunan modern di sana sungguh berdiri secara harmonis.

Di Kota Khiva terdapat sebuah benteng yang berdiri di padang pasir. Di dalam benteng ada sebuah kota tua yang dikenal dengan Itchan Kala, dilindungi oleh dinding batu bata yang terbuat dari lumpur setinggi 10 meter. Ketika berkunjung ke Itchan Kala, kamu bakalan disuguhkan dengan deretan arsitektur Islam kuno di setiap sudutnya.

Kota Khiva, dari Jalur Sutra hingga ditemukannya Ilmu Aljabar

Loading...

Jika menelusuri Itchan Kala, sangat rugi jika kamu tidak mampir di bangunan islam kuno, salah satunya adalah Menara Islam Khwaja Madrasah, di mana Menara Islam Khwaja Madrasah merupakan bangunan tertinggi yang ada di Khiva, Uzbekistan.

Salah satu dari banyak bangunan yang ada di Kota Khiva, ada satu bangunan yang kecil dan imut yang dikenal dengan nama Menara Kalta. Menara ini terbuat dari kaca dan ubin yang memiliki banyak motif. Keunikkan menara ini akan membuatmu terkagum ketika kamu mengunjungi kota ini.

Asia Tengah merupakan pusat pembelajaran selama berabad-abad tahun lamanya, dan tanpa terkecuali Kota Khiva. Abu Abdallah Muhammad bin Musa Al-Khwarizm, adalah seorang ilmuan dari persia yang lahir sekitar tahun 780, yang mempopulerkan penggunaan bilangan desimal point.

Kota Khiva, dari Jalur Sutra hingga ditemukannya Ilmu Aljabar

Faktanya, dunia “aljabar” datang dari risalahnya aljabar matematika yang dikenal dengan nama Hisab al-Jabr w’al-Muqalaba. Peninggalannya bisa dilihat dari patung yang didirikan di luar gerbang barat Kota Khiva.

Nah, itulah sekilas yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat ya.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red