×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ketahui 4 ciri air yang layak untuk diminum

0

Kesehatan

Ketahui 4 ciri air yang layak untuk diminum

Kualitas air yang diminum akan sangat memengaruhi kesehatan seseorang.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Oscar Nemesis

30 / 03 / 2020 17:53

Air merupakan salah satu kebutuhan dasar yang sangat penting bagi semua makhluk hidup termasuk manusia. Terlebih lagi jika tubuh manusia 60-70% kandungannya adalah air. Jadi kita meminum air putih minimal delapan gelas dalam sehari, jika kurang dari itu kemungkinan bisa terjadi dehidrasi.

Namun tentu saja air yang diminum oleh manusia haruslah air bersih. Di sini saya akan membahas tentang kualitas air minum itu sendiri, sebab kualitas air untuk layak minum sangat memengaruhi kesehatan seseorang. Terkadang airnya mengandung banyak bakteri sehingga menimbulkan rasa tidak enak dan racun bagi yang meminumnya. Oleh karena itu saya akan membahas bagaimana ciri-ciri kualitas air minum agar layak untuk dikonsumsi terutama oleh manusia.

1. Tidak berwarna.

 (foto : nazava.com)

Air yang tidak berwarna berarti tidak ada warna yang tercampur di dalam air (bening dan transparan). Namun jika ada air keruh atau berwarna maka dapat dipastikan terdapat unsur atau material lain yang tercampur dalam air tersebut. Contohnya seperti air kotor, maka untuk menjernihkannya bisa mempraktekannya secara sederhana di rumah dengan menggunakan bahan seperti botol besar (1,5 liter), ijuk, kerikil, pasir, arang, serta sabut kelapa.

Loading...

2. Tidak berasa (tawar).

(foto : hellosehat.com)

Air untuk layak minum sudah sepatutnya tidak memiliki rasa (tawar) baik bening (tidak keruh) atau tidak berwarna apa pun itu. Jadi pastikan kita meminum air dengan rasa tawar.

3. Tidak berbau.

(foto : intisari.grid.id)

Air untuk diminum juga seharusnya tidak berbau apalagi baunya menyengat. Terlebih jika air tersebut berada di lingkungan yang baunya tidak sedap, sudah pasti air tersebut tidak layak dikatakan sebagai air bersih. Air yang berbau disebabkan oleh adanya proses pembusukan zat organik seperti bakteri dan pencemaran lingkungan merupakan faktor terbesar yang menyebabkan tercemarnya air.

4. Tidak keruh.

 (foto : nusabali.com)

Penyebab air menjadi keruh adalah akibat dari pencampuran bahan organik maupun anorganik terhadap air. Air keruh juga dapat mewakili warna seperti air lumpur (kecokelatan). Contoh seperti pelanggan PDAM yang mengeluh air kerannya kotor. Penyebabnya bisa terjadi karena adanya pengerjaan pembersihan tempat penampungan air atau bisa juga karena banyaknya endapan di dalam pipa yang mengganggu jalur distribusi air ke rumah-rumah penduduk.

Dengan memperhatikan kualitas air minum secara baik dan benar seperti yang saya jelaskan di atas, maka kita dapat menikmati air minum yang aman tanpa menimbulkan efek yang membahayakan.

Sekian dan terima kasih.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red