Kapan coba kamu terakhir baca buku? Buat beberapa orang yang belakangan lebih suka ngebaca timeline media sosial, baca buku rasanya mungkin agak malas. Atau mungkin kamu emang bukan "anak buku banget" tapi prefer buat nonton film aja atau main game misalnya di waktu luang.

Kalau kamu belakangan merasa kurang konsentrasi ataupun merasa susah tidur, kayaknya perlu deh mulai buat baca buku lagi. Terutama membaca buku sebelum tidur nih gengs karena ternyata banyak manfaatnya!

1. Memaksimalkan konsentrasi

Kenapa sih, kamu harus baca buku sebelum tidur?
foto: Pexels.com

Membaca buku sebelum tidur ternyata jauh lebih baik buat bikin kamu lebih fokus dan konsentrasi ketimbang main game lho! Soalnya, otak akan dibuat memproses informasi yang kita baca tanpa bantuan alat visual apapun. Hanya mengandalkan imajinasi dan visual yang muncul dengan sendirinya dari apa yang kamu baca.

2. Kamu bisa jadi makin kreatif dan "tajam"

Kenapa sih, kamu harus baca buku sebelum tidur? foto: Pexels.com


Otak akan dibuat lebih kreatif dengan membaca sebelum tidur. Ada banyak penelitiannya lho gengs kalau pengusaha akan punya ide lebih banyak dan semangat untuk menjalankan usaha dan proyek mereka karena membaca sebelum tidur. Ketajaman berpikir juga akhirnya akan terasah nih!

3. Mengurangi stres banget lho!

Kenapa sih, kamu harus baca buku sebelum tidur? foto: Pexels.com


68% stres kamu dijamin bakal berkurang karena membaca buku sebelum tidur. Hal ini sudah dibuktikan oleh riset dari Universitas Surrey di Inggris. Bahkan ini jauh lebih efektif untuk mengurangi tingkat stres dibandingkan dengan jalan-jalan. Wah!

4. Bisa belajar dari sudut pandang orang lain

Kenapa sih, kamu harus baca buku sebelum tidur?
foto: Pexels.com

Banyak membaca membuat kita tahu banyak hal. Melihat dunia dari sisi yang berbeda sesuai penggambaran penulis. Secara nggak langsung kitapun belajar banyak hal tentang perspektif. Kisah-kisah fiksi yang kami baca akan bikin kamu mengerti dan lebih empati dengan keadaan orang lain.

5. Obat tidur nyenyak paling efektif

Kenapa sih, kamu harus baca buku sebelum tidur?
foto: Pexels.com

Ada alasan kenapa anak-anak suka mendengarkan cerita sebelum tidur. Karena ternyata ini membuat mereka tidur lebih nyenyak. Itu berlaku juga buat kamu yang sudah dewasa dan memilih untuk membaca buku sebelum tidur. Karena ternyata tidurmu akan lebih berkualitas dan lebih baik.

Selamat membaca!