×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kenali gejala terjadinya asam urat dan cara untuk mengatasinya

0

Kesehatan

Kenali gejala terjadinya asam urat dan cara untuk mengatasinya

Foto: christian ananta dari Pixabay

Tanpa disadari, sebenarnya berbagai masalah penyakit berasal dari apa yang kita konsumsi dan masuk ke dalam tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

SAFITRI LESTARI

15 / 01 / 2020 17:49

Setiap masalah kesehatan dari berbagai penyakit memiliki beberapa solusi yang dapat dirasakan oleh tubuh kita sendiri. Terkadang kambuhnya penyakit ada yang datang secara tiba-tiba, salah satu contohnya adalah penyakit asam urat.

Asam Urat

Asam urat atau Rematik Gaut (gout artritis) adalah suatu hasil dari adanya metabolisme tubuh yang diperoleh dari salah satu protein, purin, dan ginjal. Dalam artian ginjal yang memiliki fungsi untuk mengatur adanya kestabilan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh. Di mana sebagian asam urat yang dibuang melalui air seni dikeluarkan dalam tubuh setiap orang.

Namun tanpa kita sadari, jika asam urat memiliki kadar berlebihan dan ginjal tidak mampu lagi mengatur kestabilannya, maka akan timbullah penumpukkan asam urat pada jaringan dan sendi. Dampak dari adanya kadar asam urat yang tinggi akan berpengaruh terhadap persendian di dalam tubuh manusia itu sendiri. Seperti timbulnya rasa nyeri hebat yang menyerang persendian.

Ketika nyeri hebat tersebut menyerang persendian, maka hindari makanan yang mengandung kacang-kacangan. Sebab kacang-kacangan akan memicu asam urat di dalam tubuh. Maka tetap jaga makanan apa saja yang kamu kosumsi karena apa pun yang kamu konsumsi akan memiliki pengaruh besar bagi tubuhmu.

Loading...

Asam urat adalah salah satu penyakit yang ada di dalam tubuh setiap orang. Gejala awal datangnya penyakit asam urat seperti rasa kesemutan pada sekitar bagian tubuh dan rasa linu yang teramat sakit. Maka jangan pernah mengabaikan perihal adanya kesemutan, bisa jadi itu adalah gejala awal adanya asam urat dalam tubuh. Terkadang kamu hanya berpikir dengan sebegitu mudahnya dan menganggap kesemutan adalah suatu hal yang biasa dan tak perlu penanganan khusus. Padahal jika ditelaah hal tersebut akan memiliki pengaruh besar, terutama dalam keberlangsungan hidupmu sendiri.

Rasa nyeri yang dirasakan oleh setiap orang yang mengalami gejala asam urat akan dirasakan pada malam hari atau pada saat pagi setelah bangun tidur. Rasa nyeri yang begitu hebat akan menjadikan setiap persendian merasakan rasa sakit yang sangat luar biasa. Jika hal tersebut terjadi pada dirimu maka kamu harus menyegerakan diri untuk cek asam urat dan datang ke rumah sakit atau puskesmas pusat di daerahmu. Sehingga asam urat yang kamu miliki dapat segera ditangani dengan baik.

Tidak hanya rasa nyeri saja, namun sendi dalam tubuh pun dapat terkena asam urat dan akan mengalami adanaya pembengkakan, berwarna kemerahan, dan rasa panas serta nyeri luar biasa yang akan dirasakan oleh penderita asam urat. Tidak hanya rasa nyeri yang hebat, namun itu semua akan menghambat segala aktivitas yang biasanya dilakukan oleh orang yang terkena penyakit asam urat.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit asam urat adalah melakukan pengobatan secara rutin hingga kadar asam uratmu kembali normal seperti biasanya. Kadar normal asam urat adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita, dan kadar 3.0 hingga 7 untuk pria. Mengapa antara wanita dan pria memiliki kadar yang berbeda? Jelas keduanya memiliki kadar asam urat yang berbeda karena adanya perbedaan setiap bagian dalam tubuh antara pria dan wanita. Sehingga kadar asam urat akan menjadikan tolok ukur untuk melihat apakah sudah sesuai kadar normal asam urat atau malah sebaliknya.

Solusi selanjutnya adalah mengontrol makanan yang dikonsumsi dengan baik. Jangan sampai membiasakan diri mengonsumsi makanan secara sembarangan. Usahakan mengonsumsi makanan secara baik seperti perbanyak konsumsi buah dan sayuran agar nutrisi dalam tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat salah satunya adalah belimbing. Kamu dapat mengonsumsi dengan cara dimakan langsung agar khasiat yang didapatkan pun segera berpengaruh dalam tubuhmu.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red