×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Kenali fast fashion, yuk lebih bijak dan peduli lingkungan

0

Duh

Kenali fast fashion, yuk lebih bijak dan peduli lingkungan

Foto: Artem Beliaikin from Pexels

Sering melihat outlet pakaian yang berada di dalam mal-mal besar? Beberapa brand dari outlet itu disebut fast fashion.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Shafira Balqis Fitrianti

28 / 07 / 2021 19:42

Tidak asing dengan brand seperti Zara, H&M, dan Forever 21? Kamu mungkin sering melihat outlet mereka di berbagai mall kawasan Jakarta maupun luar Jakarta. Jika dilihat mereka memiliki model pakaian yang mirip dengan pakaian yang diperagakan dalam fashion show, tetapi untuk masalah harga bisa dibilang jauh dari harga aslinya. Nah, itulah yang dinamakan fast fashion.

Apa sih yang dimaksud dengan fast fashion?

Fast fashion adalah sebuah inovasi dari model bisnis dengan manajemen "supply chain", yaitu jaringan produksi dan distribusi menggunakan sistem yang efektif dan efisien. Dengan inovasi ini, koleksi  busana yang diperagakan di dalam fashion show akan sebanyak-banyaknya dibawa ke pasaran secara cepat.

Untuk menentukan koleksi mana yang pantas dibawa ke pasar, mereka merujuk kepada tren yang sedang populer di kalangan artis maupun desainer. Tren ini dijadikan contoh untuk ditiru dalam waktu yang singkat tetapi dengan kualitas produksi yang rendah agar sampai ke pasaran dengan cepat sebelum tren tersebut berganti. Tidak lupa dengan kisaran harga yang lebih terjangkau.

Namun, fast fashion kini sering mendapat kecaman oleh berbagai pihak dalam hal produksinya karena mengorbankan pekerja dan lingkungan. Sirkulasi tren yang cepat berubah membuat pekerja harus bekerja ekstra untuk mencapai target. Tidak hanya itu pekerja juga dikejar dengan waktu produksi yang singkat serta waktu pengiriman yang pendek memberikan tekanan besar bagi para pekerja. 

Loading...

Meskipun mendapat beban yang besar, hak pekerja sering kali diabaikan serta upah yang diberikan tidak sesuai. Pelanggaran dilakukan oleh perusahaan secara besar-besaran membuat banyak pekerja yang akhirnya melakukan mogok kerja dan demo. Di aspek lingkungan, fast fashion menghasilkan banyak limbah kimia yang tidak baik untuk lingkungan dan sekitarnya.

Produk textile yang dihasilkan oleh fast fashion mengandung serat-serat kimia yang akan menghasilkan CO2 dalam proses produksinya. Belum selesai sampai di sana, saat sudah digunakan oleh pelanggan produk tersebut akan dicuci dan limbahnya bisa sampai ke laut. Tidak hanya udara yang tercemar, laut pun ikut menjadi sasarannya. 

Harga terjangkau dan kemiripan dengan produk desainer memang membuat produk fast fashion digandrungi oleh banyak orang. Namun, kita sebagai pelanggan juga perlu peduli akan hal ini karena orang-orang yang bekerja di balik fast fashion ini manusia sama seperti kita serta haknya perlu diperjuangkan. Setelah mengetahui ini ayo menjadi lebih bijak dan peduli dengan lingkungan!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red