Majapahit merupakan salah satu kerajaan besar yang ada diIndonesia, dan di Jawa Timur khususnya. Lokasi ibukotakerajaannya dalam kitab Pararaton di sebutkan berada di daerahTrik. Namun dari penemuan arkeologis ditemukan kompleks situs yang diduga besar sebagai keraton Majapahit, berada di daerah Trowulan, Kabupaten Mojokerto sekarang.

Ibu kota Majapahit adalah Jantung Kemaharajaan yang berjaya pada abad ke-13 sampai ke-15, kawasan urban padat yang dihuni penduduk yang kosmopolitan, maju, dan menjalankan berbagai macam pekerjaan. berikut adalah gambaran mengenai Majapahit, perkiraan kehidupan sehari- hari Masyarakat kota awal dalam sejarah Indonesia.

1. Kawasan Urban Awal

Kota Majapahit adalah Kawasan urban awal dalam sejarah Indonesia. Relief yang berasal dari masa Majapahit di atas (diwarnai secara digital untuk membantu penjelasan) menggambarkan tata kota Majapahit.

himpunan kompleks permukiman dikelilingi oleh tembok bata berdenah kotak-kotak. masing-masing blok kompleks ini dipisahkan oleh jalan, kebun, atau kanal pola tata letak seperti ini masih dapat ditemukan di Bali. mungkin sekali ibu kota Majapahit tersusun atas himpunan unit permukiman seperti ini.

2. Kanal Kota

Di Situs Trowulan ditemukan bekas jaringan kanal kuno yang membelah dan mnegelilingi kota. diperkirakan dibangun sebagai sarana tata air dan drainase untuk mencegah air masuk dan menggenangi pusat kota. selain itu juga berfungsi sebagai transportasi air.

3. Ekonomi Majapahit

Kemakmuran Majapahit diduga karena majunya pertanian lembah sungai brantas serta dikuasainya jalur perdagangan rempah-rempah maluku. ekonomi Majapahit menjadi semakin kompleks sehingga memerlukan pecahan uang receh untuk aktivitas ekonomi mikro di pasar.

karena kebutuhan itu sejak 1300 Majapahit mengimpor banyak uang kepeng perunggu dari China. Masyarakat Majapahit mulai suka menabung. peninggalan menarik adalah celengan babi yang mungkin merupakan asal usul istilah celengan, karena kata "celeng" berarti babi hutan.

4. Bangunan Kerajaan

Contoh keagungan gaya bangunan kerajaan majapahit dapat dilihat pada Gapura Bajang Ratu dan Gerbang Wringin Lawang.

5. Rumah Kawula Majapahit

Penduduk ibu kota Majapahit tinggal di rumah yang terbuat dari bahan kayu, bambu dengan fondasi batu bata dan genteng atap dari tanah liat, mereka banyak menggunakan barang tembikar untuk perabot rumah tangga, seperti piring, gentong, tegel lantai, celengan, patung hiasan, ornamen atap, hingga pipa air.

Replika Rumah Majapahit dalam ukuran sebenarnya pernah dibuat oleh Museum dalam pameran Majapahit pada tahun 2007. Replika ini dibuat berdasarkan temuan di Situs Segaran V.