Payudara adalah salah satu aset kebanggan perempuan. Sehingga tidak jarang perempuan modern saat ini merawat payudaranya begitu rupa. Namun sayangnya karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman seringkali melakukan tindakan yang malah membuat buruk bagi payudara. Kali ini Brilio.net akan menyajikan bberapa tindakan yang sering dilakukan perempuan dan malah berdampak buruk bagi payudara. Oke untuk lebih jelasnya mari kita lihat bersama sama.

1.Melakukan operasi dengan hanya pertimbangan estetika bukan karena kesehatan

Terdapat beberapa dampak negatif dari kegiatan operasi payudara diantaranya adalah menurunya sensitivitas puting karena penumpukan kalsium , dapat terjadi infeksi karena penggumpalan darah dan bila tidak rutin dikontrol pasca operasi dapat menimbulkan resiko kematian.

2.Kebiasaan duduk yang salah

Logikanya saat duduk dalam posisi salah membuat payudara melorot apalagi bila payudara tersebut tidak disangga bra. Jadi duduklah dengan benar sehingga baik bagi kesehatan tulang belakang dan juga payudara.

3.Memakai bra terlalu kekecilan atau kebesaran

Saat memakai bra terlalu kecil berdampak kulit payudara akan meregang dan hal ini buruk bagi payudara itu sendiri. sedangkan bila kebesaran membuat payudara sama sekali tidak disangga sehingga mudah melorot.

4.Mandi di Sauna terlalu lama

Saat mandidi sauna terlalu lama membuat badan menjadi panas,begitu pula dengan kulit payudara. Kulit payudara yang panas dapat membuat kulit kering dan tidak elastis.

5.Berjemur telalu lama di bawah sinar matahari

Saat berjemur kulit payudara akan panas karena terpapar sinar matahari. Dampak negatifnya selain membuat kulit menjadi kering dan tidak elastis adalah meningkatkan resiko kanker.

6.Tidak melakukan kontrol rutin di dokter saat payudara mengalami perubahan. Perubahan tersebut seperti terdapat benjolan, warna kulit berubah dan puting semakin melesak ke dalam. Hal tersebut mengindikasikan adanya kanker.

7.Jarang mandi

Ketika seseorang jarang mandi dapat menyebabkan kulit kering. Sehingga mengakibatkan payudaranya kering hal ini dapat berakibat kulit menjadi tidak elastis dan meningkatkan resiko kanker.

8.Menggunakan handuk kasar setelah mandi

Dilarang penggunaan handuk kasar setelah mandi erat kaitannya saar mengeringkan payudara dengan handuk kasar tersebut. karena sebaiknya mengeringkan payudara dengan handuk yang berbahan lembut sehingga tidak menyebabkan luka.

9.Tidak melepas bra saat tidur

Setelah seharian penuh payudara ditekan bra sebaiknya saat tidur payudara dibiarkan bebas sehingga pembuluh darah dapat mengalir dengan baik.