×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

0

News

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

Setelah selama ini berkeliling distrik Kamurocho sebagai Yakuza, kini saatnya berkeliling sebagai seorang detektif swasta mantan pengacara.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

04 / 03 / 2019 10:55

Kamu yang gamers dan nge-fans Sega hampir pasti tahu game keluaran mereka yang diberi judul “Yakuza”. Game yang dulu disebut-sebut sebagai pengganti “Shenmue” di Dreamcast tersebut memang sukses besar (setidaknya di negara asalnya Jepang) sejak dirilis pertama kali di PlayStation 2 tahun 2005.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

(Sumber gambar: Sega-License)

Menggunakan judul asli “Ryu ga Gotoku” (yang jika diartikan ke bahasa Inggris berarti “Like a Dragon”) dan diubah menjadi “Yakuza” untuk pasar internasional, game aksi petualangan ini langsung hits dan mencuri perhatian dengan tema unik, yaitu dunia kejahatan terorganisir Yakuza Jepang. Dengan kata lain, kisah dan karakter-karakter di dalamnya bukanlah sosok ‘baik-baik’ karena punya masalah kejahatan di dalam hidup mereka.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

Loading...

Distrik fiktif Kamurocho yang berdasarkan lokasi asli bernama "Kabukicho" di Tokyo, Jepang (Sumber gambar: SocksCap64)

Menggunakan lokasi-lokasi asli yang ada di Jepang, namun diubah namanya (seperti distrik Kabukicho di Tokyo yang dirubah di dalam game menjadi distrik Kamurocho), game Yakuza menawarkan sebuah game aksi petualangan yang kental nuansa dramatis seperti sebuah film ataupun serial televisi yang seru sejak awal hingga akhir.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

(Sumber gambar: Siliconera)

Hingga tahun 2019 ini sudah ada enam game canonical/utama Yakuza dengan beberapa game spin-off; termasuk yang ber-setting di zaman samurai dan bahkan situasi ‘zombie apocalypse’. Game-game ini hampir semuanya memiliki tokoh utama Kazuma Kiryu; seorang yakuza tangguh dengan hati yang lembut. Sebuah kombinasi yang tentu saja tidak umum ditemukan pada sosok seorang Yakuza.

Petualangan Kiryu di Kamurocho (dan game-game utama Yakuza) merupakan daya tarik dari game Yakuza sejak di PlayStation 2 hingga PlayStation 4 dengan game “Yakuza 6”. Tapi selepas Yakuza 6, sepertinya pihak studio developer game Yakuza mulai jenuh (atau kehabisan ide?) di tema Yakuza dan kemudian menciptakan game spin-off lagi untuk Yakuza.

Tapi kali ini bukan mengangkat tema samurai atau serbuan zombie beringas di Kamurocho. Melainkan kisah tentang mantan pengacara yang menjadi detektif swasta.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

Judge Eyes: Shinigami no Yuigon (Sumber gambar: DojimasDragonGirl)

Dengan tokoh utama yang sama sekali berbeda dari game Yakuza, game terbaru ini juga tidak lagi menggunakan judul Ryu ga Gotoku ataupun Yakuza. Kali ini mereka menggunakan judul “Judge Eyes: Shinigami no Yuigon” (atau “Judgment” untuk versi internasional).

Judgment disutradarai langsung oleh kreator Ryu ga Gotoku, yaitu Toshihiro Nagoshi. Nagoshi bukanlah sembarang nama di Sega (dan dunia gaming pada umumnya). Sebelum sukses menciptakan Yakuza original, Nagoshi sudah lebih dulu meraih kesuksesan di berbagai game Sega seperti Daytona USA, SpikeOut, Super Monkey Ball hingga Planet Harriers.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

Toshihiro Nagoshi (Sumber gambar: Sega Nerds)

Bergabung di Sega sejak 1989, Toshihiro membuktikan diri bertangan dingin dengan kemahirannya meracik sebuah video game yang seru, adiktif, dan populer. Dengan Ryu ga Gotoku / Yakuza, Nagoshi berhasil menciptakan sebuah video game unik penuh keseimbangan antara aksi seru dengan kisah dramatis sekelas sebuah film drama.

Kualitas yang sama tentu menjadi harapan di game terbarunya, yaitu Judge Eyes / Judgment. Dan sepertinya Nagoshi memiliki (calon) juara berikut dari Sega. Dengan menggunakan aktor terkenal mantan anggota boyband SMAP, Takuya Kimura (atau “Kimutaku”) sebagai karakter utama, Judge Eyes bercerita tentang seorang mantan pengacara bernama Takayuki Yagami yang menyelidiki kasus pembunuhan berantai.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

KimuTaku di game "Judge Eyes / Judgment" (Sumber gambar: PlayStation Zone)

Jika di Yakuza, Kiryu menggunakan tinju dan tendangan untuk menyelesaikan masalah maka di Judgment sedikit berbeda. Sistem brawling / baku gebuk khas Yakuza memang masih ada di sini, namun masalah tidak (selalu) selesai hanya dengan mematahkan gigi seseorang. Ada konsep penyelidikan situasi dan penyelesaian masalah juga di game spin-off Yakuza ini sehingga memaksa pemain untuk tidak hanya kuat dalam adu fisik, namun juga jeli saat melakukan investigasi lapangan. Kira-kira seperti game Capcom “Ace Attorney” yang kental nuansa detektif itu.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

(Sumber gambar: USGamer)

Dengan menggabungkan elemen aksi, drama, plus puzzle / investigation aspect, game Judge Eyes buatan Toshihiro Nagoshi menjadi sebuah game yang -secara teori- lebih baik lagi daripada Ryu ga Gotoku.

Demo game Judgment dirilis oleh Sega melalui PlayStation Store dan pemilik PlayStation 4 dapat mencoba game tersebut. Versi retail Jepang sendiri sudah dirilis 13 Desember 2018 sementara versi Amerika dijadwalkan akan keluar antara kuartal kedua hingga ketiga tahun 2019.

Judgment: Game spin-off Yakuza dari Sega yang seru banget

(Sumber gambar: Gear Nuke)

Jika penasaran ingin berkeliling Kamurocho tidak lagi sebagai Kiryu Kazuma, kamu yang memiliki PlayStation 4 dapat mencoba demo game Judgment di PlayStation Store. Have fun!

Demo game "Judge Eyes / Judgment" https://www.youtube.com/watch?v=JOaBrJg9558

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red