Maskot FIFA World Cup sudah ada sejak 1966. Willie adalah maskot untuk kompetisi tahun 1966 yang juga maskot Piala Dunia pertama. Desain maskot itu biasanya mewakili ciri khas (kostum, flora, fauna, dll) dari negara tuan rumah. Di bawah ini deretan maskot yang dipakai di berbagai gelaran Piala Dunia.

1. World Cup England 1966 dan World Cup Mexico 1970.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

fotofootball-online.ru/wikipedia.org

WILLIE:

Singa, simbol khas Inggris Raya, mengenakan jersey Union Flag dengan kata-kata "WORLD CUP". Dirancang oleh ilustrator buku anak freelance Reg Hoye. Bill Titcombe membuat komik tentang karakter tersebut.

Pada tahun 2014 Lonnie Donegan Jr. kembali merekam lagu kampanye yang awalnya dinyanyikan oleh ayahnya Lonnie Donegan.

JUANITO:

Seorang anak laki-laki mengenakan kit Meksiko dan sombrero (dengan kata-kata "MEXICO 70"). Namanya adalah "Juan" kecil, sebuah nama umum dalam bahasa Spanyol.

2. World Cup West Germany 1974 dan World Cup Argentina 1978.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

foto: wikia.com/hugozapata.com.

TIP AND TAP:

Dua anak laki-laki memakai perlengkapan Jerman, dengan huruf WM (Weltmeisterschaft, Piala Dunia) dan nomor 74.

GAUCHITO:

Seorang anak laki-laki memakai peralatan Argentina. Topinya (dengan kata-kata ARGENTINA '78), neckerchief dan cambuk khas gauchos.

3. World Cup Spain 1982 dan World Cup Mexico 1986.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

foto: footballsharing.blogspot.com/wikipedia.org

NARANJITO:

Jeruk, buah khas di Spanyol, memakai kit timnas tuan rumah. Namanya berasal dari naranja, bahasa Spanyol untuk oranye, dan sufiks kecil "-ito".

PIQUE:

Lada jalapeo, ciri masakan Meksiko, dengan kumis dan memakai sombrero. Namanya berasal dari picante, spanyol untuk paprika pedas dan saus.

4. World Cup Italy 1990 dan World Cup United States 1994.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

foto:ideas.wikia.com/wikipedia.org

CIAO:

Pemain tongka, pemain dengan kepala bola sepak dan badan tricolore Italia. Namanya adalah ucapan Italia.

STRIKER:

Seekor anjing, hewan peliharaan AS yang umum, mengenakan seragam sepak bola merah, putih dan biru dengan kata-kata "USA 94".

5. World Cup France 1998 dan World Cup South Korea-Japan 2002.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

foto:ideas.wikia.com/wikipedia.org

FOOTIX:

Seekor ayam betina, salah satu simbol nasional Prancis, dengan kata-kata "FRANCE 98" di dada. Tubuhnya sebagian besar berwarna biru, seperti kemeja timnas tuan rumah dan namanya adalah portmanteau "sepak bola" dan ending "-ix", sebuah nama akhiran yang umum di kalangan orang-orang Galia. Nama lain yang diusulkan adalah "Raffy", "Houpi" dan "Gallik".

NIK, ATO, KAZ:

Oranye, ungu dan biru (masing-masing) futuristik, makhluk yang dihasilkan komputer. Secara kolektif anggota tim "Atmoball" (olahraga sepak bola fiktif), Ato adalah pelatih sementara Kaz dan Nik adalah pemain. Tiga nama individu dipilih dari daftar pendek oleh pengguna di Internet dan di gerai McDonald's di negara tuan rumah.

6. World Cup Germany 2006 dan World Cup South Africa 2010.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

foto: jimdo.com/wikipedia.org

GOLEO:

Seekor singa mengenakan kemeja Jerman dengan nomor 06 dan sebuah bola berbicara bernama Pille. Goleo adalah portmanteau dari kata "tujuan" dan "leo", kata Latin untuk singa. Di Jerman, "Pille" adalah istilah sehari-hari untuk sepak bola.

ZAKUMI:

Zakumi adalah macan tutul, binatang biasa ditemukan di Afrika Selatan, dengan rambut hijau memakai kaos bertuliskan Afrika Selatan 2010. Warna hijau dan emas Zakumi mewakili warna tim nasional Afrika Selatan. Namanya berasal dari "ZA", untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti "sepuluh" dalam berbagai bahasa Afrika.

7. World Cup Brasil 2014.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

foto:wikia.com

FULECO:

Seorang armadillo tiga bandir Brasil mengenakan kaos putih bertuliskan "Brasil 2014". Armadillo tiga bandir Brasil hanya ditemukan di Brasil dan diklasifikasikan sebagai spesies yang rentan, dan pemilihan Fuleco membawa perhatian pada keanekaragaman hayati Brasil. Nama Fuleco adalah portmanteau dari kata-kata "Futebol" ("Sepak Bola") dan "Ecologi" ("Ekologi").

8. World Cup Rusia 2018.

14 Maskot Piala Dunia dari masa ke masa, semuanya unik

foto:riatomsk.ru

ZABIVAKA:

Serigala dengan nama yang diterjemahkan dari bahasa Rusia seperti The Goalscorer.