Minyak identik sebagai suatu cairan yang biasa dipakai masak oleh ibu-ibu. Dari menggoreng hingga dressing salad. Sementara, di dunia ini terdapat beragam jenis minyak yang mempengaruhi perbedaan fungsi serta manfaatnya. Salah satu manfaat minyak yang pasti disukai oleh kaum hawa ialah untuk perawatan kecantikan.

Eits, tunggu dulu, jangan buru-buru lari ke dapur dan pakai minyak punya ibumu ya. Baca dulu ulasan di bawah ini supaya kamu tahu jenis dan manfaatnya. Yuk!

1. Minyak Zaitun

Jenis minyak ini bisa bantu kamu rawat kecantikan dan wajah

Source: Pixabay.com

Sejak zaman Romawi kuno, minyak zaitun telah terkenal akan khasiatnya yang baik untuk perawatan kecantikan juga kesehatan. Tidaklah mengherankan jika kita mudah menemukan campuran minyak zaitun dalam produk skincare di pasaran seperti sabun mandi, handbody, masker dan lain-lain. Selain sudah dalam bentuk kosmetik, minyak zaitun yang masih berupa minyak juga dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan, salah satunya ialah dalam menjaga kelembaban alami kulit.

Selain memiliki kandungan vitamin E, teksur minyak zaitun itu sendiri mirip dengan minyak yang tubuh kita hasilkan. Makanya, minyak zaitun dapat terserap dengan baik oleh kulit kita.

Untuk merawat wajahmu menggunakan minyak zaitun, caranya mudah banget kok. Campurkan dua sendok teh sari cuka apel, satu sendok teh minyak zaitun dan satu sendok teh madu lalu oleskan campuran tersebut pada wajah yang sebelumnya telah dibersihkan. Selain itu, langsung mengoleskan minyak zaitun ke wajah juga bisa, yang penting pastikan telah mencuci wajah sampai bersih sebelumnya ya.

2. Minyak Kelapa

Jenis minyak ini bisa bantu kamu rawat kecantikan dan wajah

Source:thebeautygypsy.com

Iya, jenis minyak ini memang kebanyakan digunakan untuk memasak. Namun, ternyata selain bisa menghasilkan makanan enak, minyak kelapa juga bisa menjaga kecantikan para wanita loh.

Buat kamu yang sedang berjuang menumpas jerawat dan mencegah kehadirannya, minyak kelapa bisa jadi solusi. Kandungan asam laurat dan asam kaprat yang oleh mikroba diubah menjadi monolaurin dan monocaprin dapat membuat jerawat lebih cepat hilang dan mencegahnya datang kembali.

Caranya gampang banget, bersihkan wajah dan oleskan minyak kelapa di wajah yang berjerawat. Pemakaian yang rutin akan memberikan hasil maksimal.

3. Minyak Bulus

Jenis minyak ini bisa bantu kamu rawat kecantikan dan wajah

Source: Indonetwork.co.id

Minyak bulus merupakan minyak asli Indonesia, memang belum seterkenal minyak zaitun dan minyak kelapa, namun minyak ini juga memiliki khasiat yang tidak kalah dari minyak zaitun dan minyak kelapa untuk urusan kecantikan. Terbukti, belakangan ini mulai ada campuran minyak bulus dalam produk kosmetik.

Minyak ini berasal dari binatang bulus yang diambil minyaknya melalui cara dipanaskan dibawah sinar matahari selama 30 hari. Minyak ini bisa digunakan buat kamu yang mendambakan punya kulit wajah cerah dan halus. Selain itu untuk para Ibu, minyak bulus juga dapat membantu mengembalikan bentuk payudara agar lebih kencang.

Oya, agar minyak bulus milik kamu tahan lama dan bau anyirnya hilang, kamu harus rutin menjemur minyak bulus serta tempatnya dibawah sinar matahari. Lakukan ini minimal satu minggu sekali, ya!

4. Minyak Argan

Jenis minyak ini bisa bantu kamu rawat kecantikan dan wajah

Source: Dreamstime.com

Berasal dari ekstrak biji pohon argan yang banyak tumbuh di Maroko, minyak argan kaya akan kandungan yang tinggi manfaat bagi kesehatan kulit, yaitu:

1) Antioksidan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini

2) Vitamin E agar kulit tetap lembab. Menurut penelitian, vitamin E pada minyak

argan 300% lebih banyak dibanding dengan minyak zaitun, loh!

3) Antibakteri membantu membunuh bakteri jahat dikulit

4) Anti Aging agar kulit selalu lembut dan kenyal.

Mengaplikasikan minyak argan secara prinsip sama saja seperti mengaplikasikan minyak lainnya ke wajah. Bedanya adalah, setelah mencuci muka keringkanlah dengan memakai handuk basah agar minyak argan lebih mudah meresap.

Nah, dari ulasan diatas tinggal kamu pilih minyak apa yang bisa memenuhi kebutuhanmu. Selamat mencoba!