×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Jelang Imlek, 8 permainan ini bisa kamu mainkan bareng keluarga

0

N/A

Jelang Imlek, 8 permainan ini bisa kamu mainkan bareng keluarga

Yuk, mainkan delapan permainan ini agar Imlekmu lebih seru!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ghina Adillah

15 / 01 / 2020 15:57

Perayaan Imlek nampaknya menjadi suatu hal yang sangat dinantikan oleh semua orang Tionghoa. Tentunya pada saat Imlek semua orang yang merayakan ingin memanfaatkannya dengan menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat. Tak jarang kebanyakan orang memilih untuk berkumpul bersama di rumah untuk merayakan tahun baru Imlek bersama.

Agar Imlekmu di rumah makin berkesan, yuk mainkan delapan permainan yang bisa kamu mainkan bersama keluarga, dijamin bikin perayaan Imlek kamu makin seru!

1. Kahoot.

kahoot.it
Dunia digital nampaknya saat ini tidak bisa dipungkiri kepopulerannya. Di dunia serba digital ini banyak sekali aplikasi atau web berbasis permainan yang mulai bermunculan dari tahun ke tahun, baik aplikasi ataupun web berbasis permainan ini bisa kamu mainkan bersama teman atau keluarga juga loh, salah satu contohnya adalah aplikasi dan web yang sedang tren saat ini, Kahoot.

Kahoot merupakan aplikasi kuis digital yang berbasis edukasi, yang bisa kamu unduh di ponselmu ataupun diakses lewat web kahoot.it loh,di Kahoot kamu bisa custom pertanyaan yang jawabannya bisa kamu atur dengan sendirinya, untuk perolehan nilainyapun kamu tidak perlu menunggu waktu lama, di akhir permainannya kamu akan langsung mengetahui perolehan nilai yang kamu dapat dari hasil menjawab pertanyaan-pertannyaan yang ada.

Loading...

Kahoot sangat cocok dimainkan bersama keluarga atau teman untuk meramaikan suasana Imlek kamu karena di Kahoot jumlah pemain yang bisa ikut bermain bisa mencapai lebih dari 20 orang. Kamu bisa custom pertanyaan-pertanyaan yang menguji kedekatanmu dengan keluarga atau sahabat kamu seperti “Apa makanan favorit Andi?” atau “Tanggal berapa Susi lahir?” pertanyaan-pertanyaan ini pastinya akan membuat intimasi keluarga ataupun sahabat dalam perayaan Imlek semakin terasa. Selamat mencoba!

2. Twister.

twister game
Games yang popular sejak dulu ini memang tidak bisa diragukan lagi keseruannya. Permainan yang tidak hanya seru tetapi juga menantang ini nampaknya sangat cocok jika dimainkan di rumah bersama keluarga saat perayaan Imlek, terlebih permainan ini bisa dimainkan lebih dari 2 orang. Semakin banyak pemain yang ikut akan menambah tingkat kesulitan dan keseruan permainan ini.

Cara bermainnya pun cukup mudah, kamu hanya harus meletakkan gameboard Twister yang berbentuk seperti alas duduk atau karpet yang memiliki pola warna di tempat yang cukup luas, lalu siapkan spiner yang sudah termasuk ke dalam paket permainannya, dan tentukan giliran bermain. Sebelum menginjak alas twister yang sudah kamu siapkan, kamu harus memutar spiner terlebih dahulu untuk menentukan warna apa yang akan kamu sentuh (Merah/Kuning/Hijau/Biru) dan menggunakan bagian tubuh yang mana untuk menyentuhnya (kaki kanan/kaki kiri/tangan kanan/tangan kiri).
 
Setiap pemain harus mempertahankan keseimbangannya agar tidak dinyatakan kalah dalam permainan, terlihat mudah bukan? Namun percayalah mempertahankan keseimbangan di alas yang kecil dan dikerumuni orang banyak tidak semudah yang dipikirkan. Hal itulah yang membuat keseruan permainan ini bertambah, yuk dicoba. Jangan lupa untuk selalu mempertahankan keseimbangan agar tidak jatuh saat memainkannya yaa.

3. Truth or Dare.

Truth or Dare Card
Permainan ini seperti tidak pernah ketinggalan zaman. Jika dulu kita biasanyanya langsung menanyakan kepada seseorang sebuah pilihan “truth (kejujuran)” atau "dare (tantangan)” untuk memainkannya, saat ini sepertinya permainan ini sudah mulai berinovasi baik ke arah permainan kartu ataupun permainan digital.

Kamu bisa membeli kartu truth or dare yang sudah berisi pertanyaan pertanyaan yang berhubungan dengan kejujuran dan tantangan di ecommerce ataupun di akun sosial media seperti Instagram. Jika kamu merasa repot untuk membelinya, saat ini sudah banyak pengembang permainan digital truth or dare yang bisa kamu unduh di ponselmu. Untuk aplikasi truth or dare kamu juga bisa untuk custom pertanyaan truth dan dare-nya loh.

Truth or Dare App
Cara bermainnya pun masih sama, kamu hanya perlu untuk menentukan giliran menjawab. Tiap tiap pemain harus menjawab dengan jujur pertanyaa “Truth” dan harus mau melakukan tantangan “Dare” yang akan diberikan. Semakin banyak yang memainkan semakin seru juga loh permainannya. Jangan lupa untuk bermain sportif yaa.

4. Uno.

kartu Uno

Permainan ini ada yang berbentuk kartu dan berbentuk balok berukuran kecil yang sudah tersusun dengan nomor di dalamnya. Cara bermain kartu Uno pun terbilang cukup mudah. Untuk memainkannya kamu hanya perlu mengurutkan warna atau angka yang sesuai dengan warna/angka kartu yang sudah keluar sebelumnya.

Di dalam kartu-kartu tersebut juga terdapat kartu berlogo tanda plus (+) yang bisa menambah jumlah kartu lawan main jika ia tidak mempunyai kartu berlogo tanda plus juga. Selain itu ada kartu refresh untuk mengubah alur urutan permainan, dan kartu dengan tanda stop untuk menghentikan pemain berikutnya, jangan lupa untuk mengatakan "UNO" di saat kartu kamu tersisa 1 dan mengatakan "UNO GAMES" saat kartu kamu sudah habis, jika lawanmu yang mengatakan duluan untuk menegurmu maka kamu akan mendapat 2 kartu tambahan sebagai hukumannya.

Uno Stacko
Untuk permainan Uno balok atau yang lebih dikenal dengan Uno stacko cara bermainnya hampir sama dengan Uno card, namun dalam penerapan yang berbeda karena menggunakan balok berukuran kecil yang sudah tersusun. Pemain harus mengambil susunan balok tersebut secara acak sesuai dengan angka dan warna yang sudah keluar terlebih dahulu menggunakan satu tangan tanpa merusak susunan balok lainnya. Hal ini terlihat mudah namun ternyata sulit karena kita harus fokus dan seimbang saat sedang mengambil balok tersebut tanpa menjatuhkan susunan balok lainnya, wahh greget yaa, seru nih kalau dimainkan saat Imlek, jangan lupa pemain yang menjatuhkan susunan baloknya wajib dihukum yaa.

5. Penguin Trap Activate.

Penguin Trap Activate

Kamu bisa memperoleh permainan ini di toko-toko mainan terdekat dengan harga terjangkau loh. Cara bermain permainanan ini terbilang cukup mudah karena kamu diharuskan menyusun balok kecil yang berbentuk segi 6 seperti gambar di atas dan menaruh penguin kecilnya di tengah. Saat semuanya sudah siap kamu harus menentukan siapa giliran bermain yang akan memulai permainan ini duluan.

Sebelum memulainya kamu harus memutar spinner yang sudah disediakan untuk menentukan warna apa yang akan kamu pukul. Ingat, sama halnya seperti Uno Stacko, kamu hanya diharuskan untuk memukul 1 balok yang sesuai dengan warna yang kamu dapatkan di spinner. Kamu tidak boleh menjatuhkan susunan balok-balok lainnya ya. Kalau yang menjatuhkan enaknya dikasih hukuman apa yaa? Pasti perayaan Imlek makin seru nih kalo sambil main permainan ini.

6. Pie Face.
 Pie Face untuk 1 orang
Permainan ini sangat mudah dimainkan. Kita hanya perlu membeli alat Pie Face di toko mainan baik offline ataupun online. Jika tidak memiliki krim untuk bermain, kamu bisa menggunakan bedak sebagai penggantinya. Cara bermainnya juga cukup mudah, kamu hanya perlu untuk memutar spinner yang sudah disediakan bersama dengan alat pie face yang sudah diberi bedak/krim untuk menentukan berapa kali kamu akan memutar tuas pada alat tersebut. Jangan kaget ya, karena tidak ada yang mengetahui di putaran ke berapa alat tersebut akan menyentuh wajahmu dengan bedak/krim yang sudah disiapkan sebelumnya.

Pie Face untuk 2 orang
Saat ini alat pie face sudah ada yang bisa dimainkan untuk 2 orang. Caranya pun sama, kamu harus menaruh bedak/krim di atas alas yang sudah disediakan pada alat tersebut, lalu menekan tombol yang berada di sisi kiri dan kanan secara cepat dengan lawan mainmu. Semakin cepat kamu menekannya semakin cepat juga alas yang berisi bedak/krim itu mengarah ke arah lawan mainmu. Seru, bukan? Yuk dicoba!

7. Tebak Gaya.

Tebak Gaya

Cara memainkan pemainan ini bisa kamu lakukan secara per kelompok loh. Di setiap kelompoknya harus ada 1 perwakilan yang akan mengambil kertas undian yang sudah berisi suatu kata. Perwakilan kelompok diharuskan mempraktikkan gaya tanpa berbicara. Sisanya kelompok sendiri dan kelompok lainnyalah yang akan menebak kata apa yang sedang dipraktikkan oleh perwakilan kelompok tersebut. Wah, jangan sampai kelompok lain yang bisa menebaknya ya. Kekompakan sangat diperlukan di sini. Kamu bisa loh berkelompok dengan keluarga atau saudaramu biar makin akrab.

8. Sambung Kata.

Sambung Kata

Permainan ini sangat mudah dilakukan. Kamu hanya harus membuat lingkaran dan menentukan siapa yang akan bermain duluan. Pemain yang bermain duluan akan mengambil kertas undian yang sudah berisi suatu kata, setelahnya pemain pertama harus menyambungkan kata tersebut dengan kata lainnya. Jangan lupa kata terakhir saja ya yang disambungin. Misalnya pemain pertama mendapatkan kata “mawar”, lalu ia melanjutkannya dengan “mawar merah”. Itu berarti pemain kedua harus menyambungkan kata “merah” dengan kata lainnya seperti “merah jambu”, “jambu monyet”, dan seterusnya. Dijamin heboh dan mengasah otak deh. Yuk, dicoba!

Jadikan perayaan Imlek di setiap tahunnya menjadi berkesan dengan bermain salah satu dari 8 rekomendasi permainan yang dapat kamu mainkan saat Imlek di rumah. Jadikan Imlekmu selalu seru dan meriah di setiap tahunnya. Selamat tahun baru Imlek, Gong Xi Fa Cai!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red