Tentunya sulit bagi kita untuk tetap bisa bersikap baik kepada orang yang telah menyakiti kita. Jangankan berbuat baik,mungkin yang terlintas dihati adalah membalas perbuatan mereka.

Akan tetapi, membalas perbuatan orang yang telah menyakiti kita bukanlah pilihan yang baik. Sebaliknya itu akan menunjukkan bahwa kita sama buruknya dengan orang yang telah menyakiti kita. Dan bisa jadi akan menimbulkan permasalahan baru yang tidak akan ada habisnya.

Faktanya, sakit akan merubah seseorang. Entah menjadi buruk atau lebih baik. Tetapi kebanyakan berubah menjadi lebih baik.

Dan pastikan bahwa kamu salah satu yang berubah menjadi lebih baik. Berikut ada lima hal yang bisa kamu lakukan ketimbang membalas orang yang telah menyakitimu.

1. Menjadi Pribadi yang Lebih Baik dan Ramah.

Bersikaplah baik dan ramah kepada siapa saja termasuk kepada orang yang telah menyakitimu. Tentunya hal itu kamu lakukan dengan tulus. Karena toh kamu akan menuai apa yang kamu tanam.

Dengan berbuat baik mungkin saja kamu bisa merubah orang yang pernah menyakitimu menjadi orang yang baik pula serta menyesali perbuatannya. Membalas perbuatan buruk dengan perbuatan yang baik,bukanlah sebuah kelemahan,melainkan kekuatan yang sesungguhnya.

2. Memaafkan.

Memaafkan orang yang telah menyakiti kamu memang tidak segampang itu, terlebih jika orang yang telah menyakiti kamu malah tidak pernah minta maaf sekalipun.

Tetapi hal itu tetap bisa kamu lakukan dengan memaafkan perbuatan mereka di dalam hati kita. Itu semua kamu lakukan untuk menjaga kedamaian dalam hati kamu, mengendalikan emosi dan amarahmu serta yang paling utama demi kesehatan bathin dan fisikmu.

Sejatinya rasa sakit hati dan emosi bisa menyebabkan penuaan dini dan menjadikan kamu sering sakit-sakitan.

3. Tampil Lebih Percaya Diri.

Jika sudah menjadi pribadi yang lebih baik dan mudah memaafkan,maka saatnya kamu harus tampil dengan percaya diri. Tunjukkan bahwa kamu bukanlah seorang yang lemah ,tidak ada seorangpun yang berhak menyakiti kamu.

Tunjang pula rasa percaya dirimu dengan penampilan yang menarik. Sikap ramah, penampilan menarik kepercayaan diri membuatmu akan disenangi banyak orang. Alih-alih menyakiti, orang sekitarmu akan berusaha membuatmu senang.

4. Menghargai Orang-orang Di Sekitarmu.

Mulailah menghargai orang-orang yang ada di sekelilingmu. Siapa tau kamu disakiti karena kamu pernah menyakiti mereka terlebih dulu. Hormati orang yang lebih tua darimu, dan sayangi orang yang lebih muda darimu.

Karena suatu saat kamu akan membutuhkan bantuan dari mereka dan sebaliknya jika mereka membutuhkan bantuan dari kamu,jangan segan untuk membantu mereka.

5. Perluas Wawasanmu dan Perbanyak Teman.

Jadilah orang yang berwawasan luas. Kamu bisa memulainya sekarang dengan rajin membaca. Memperbanyak teman juga bisa memperluas wawasanmu dengan cara bertukar informasi atau mempelajari hal baru dari mereka.

Dan pastikan teman-temanmu itu adalah orang yang bisa memberikan energi positif, bukannya hanya teman untuk bergosip.

Butuh hati dan jiwa yang besar untuk bisa memaafkan orang yang telah menyakiti kamu. Tapi, mulai sekarang cobalah untuk tidak menyakiti hati siapapun. Jadi berbuat baiklah maka kebaikan yang akan menghampirimu.